Wali Kota Malang Gagas Expo UMKM Nasional

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Melihat antusiasme pengunjung ke stand Kota Malang, saat Trade Expo Indonesia (TEI) ke – 33 di BSD city, Tangerang, Banten (24/10 /2018), Sutiaji, Wali Kota Malang, berinisiatif menggelar pameran produk UMKM berskala nasional.

 

 

Wali Kota Malang, Drs Sutiaji dan rombongan bersama kementerian RI di pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke – 33 di BSD city, Tangerang, Banten.
.

“BAHKAN, kita akan menggandeng Kementerian Perdagangan RI, untuk mengundang para buyers dari luar negeri, ” tutur Sutiaji, di sela- sela gelar pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke – 33 di BSD City, Tangerang, Banten (24/10 /2018).

Bersama Kepala Dinas Perdagangan Wahyu Setianto dan Kepala Dinas Koperasi UKM, Tri Widyani Pangestuti, wali kota berkesempatan bertemu langsung dengan petinggi Kemendag RI.

“Saya sudah perintahkan kepada Disperdag,  Disperin dan Dinkop UKM untuk sinergi dan kolaborasi mematangkan perencanaannya. Melibatkan stakeholders yang ada, seperti Kadin Kota, serta yang lainnya, agar bisa digeber maksimal, ” lanjut Sutiaji.

Wajar bila, Wali Kota berkehendak seperti itu, karena pola jualan road show selama ini memang tidak memungkinkan semua UMKM tercover. Dengan menjadi tuan rumah sendiri, gelaran pameran berskala nasional, diharapkan makin banyak potensi produk unggulan Kota Malang yang akan ditampilkan.

Kepada Kadindag dan Kadinkop UKM, Sutiaji memerintahkan untuk berkonsultasi dengan kementerian secara intens mengawal gagasan tersebut. Bahkan secara khusus, Wali Kota menargetkan untuk pasar Afrika yang dinilai potensial untuk masuknya produk kota Malang. (ide)