Ratusan Pengungsi Kerusuhan Wamena di Malang

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Ratusan warga Jawa Timur yang tinggal di Kabupaten Wamena, Propinsi Papua Barat, tiba di kantor Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) Jawa Timur, di Kota Malang, Selasa (02/10/2019).

 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa saat berada di tengah pengungsi.

MEREKA adalah warga yang terimbas konflik yang terjadi di propinsi bagian timur Indonesia itu. Mereka  berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Seperti Surabaya, Pasuruan, Jember, Probolinggo, Madura, Solo dan Rembang, Jawa Tengah. Mereka berjumlah 120 orang,  5 di antaranya  anak anak.

“Sebagian besar dari mereka, banyak yang tidak membawa identitas. Karena itu, ini masih dikoordinasikan dengan Kementerian Sosilal. Selain itu, dengan pemerintah daerah setempat, lebih khusus daerah asal warganya,” tutur Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawangsa, saat menemui para pengungsi.

Hadir juga Kapolres Malang Kota, Kapolres Malang, Dandim 0833/Kota Malang, Bupati Malang serta Dandim Kabupaten Malang.

Tiba di Bakorwil, mereka langsung istirahat dan dilanjutkan untuk makan. Dari wajahnya, nampak kelelahan usai melakukan perjalanan jauh. Tidak sedikit warga yang kelihatan kurang sehat sehingga dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Selanjutnya, petugas melakukan pendataan untuk kemudian diantar pulang ke alamat masing-masing. Hingga berita ini ditulis, proses pendataan dan proses selanjutnya masih berlangsug. (ide)