TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Prof. Kafrawi

Prof. Kafrawi Meninggal Dunia

Prof. Kafrawi waktu tasyakuran 60 tahun sebagai profesor di UB beberapa hari lalu.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM Salah satu tokoh perintis pengembangan berdirinya Fakultas Hukum  Universitas Brawijaya (FH UB) Malang, Jawa Timur,  Prof. Dr. HM Kafrawi, SH, meninggal dunia, Rabu (07/07/2021) pukul 20.30 WIB karena sakit.

 

PRIA yang lahir di Blitar pada 26 Juli 86 tahun yang lalu itu meninggalkan seorang istri dan putri serta dua orang cucu.

Dalam penghormatan terakhirnya, Ketua Senat UB, Prof. Dr. Ir. Arifin, MS, mengakui bahwa Prof Kafrawi merupakan sosok yang mengawal pengembangan FH.

Kepedulian terhadap perkembangan FH menjadi perhatian profesor yang dikukuhkan pada tahun 1989 tersebut. “Selain itu, beliau juga merupakan sosok yang mempunyai kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Sehingga kami yang tinggal satu kampung dengan beliau merasa kehilangan sesepuh yang mempunyai kepedulian terhadap pengembangan kualitas kebangsaan,” katanya.

Prof. Kafrawi

Arifin berharap, kepergian Prof Kafrawi menjadi pengingat bagi perintis dalam menitipkan UB,  khususnya FH. “Bukti amanah yang beliau sampaikan dilaksanakan dengan baik. Semoga Allah menerima amal segala ibadahnya dan mengampuni segala dosanya  dan menempatkan tempat terbaik,” katanya.

Prof. Kafrawi merupakan profesor yang berkontribusi besar dalam pendirian UB dan FH. Dia  pernah menjabati Dekan FH pada tahun 1972, menjadi Pembantu Rektor I UB pada tahun 1988 – 1996,  serta Pelaksana Harian Rektor UB  pada tahun 1995 sampai 1996.

Karir mengajarnya dimulai sebagai guru Sekolah Rakyat (SR) pada umur 22 tahun. Hingga saat ini pengabdiannya menjadi guru atau pengajar sudah berjalan selama 60 tahun.

Meskipun sudah pensiun dari jabatannya sebagai guru besar, namun Prof. Kafrawi masih aktif mengajar di FHUB. Ia telah memperoleh 36 penghargaan dari berbagai lembaga pemerintah dan swasta. (div/mat)