Penertiban PKL Pasar Pucang Ricuh

SURABAYA,TABLOIDJAWATIMUR. COM – Penertiban pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Pucang Surabaya yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya, Kamis (07/03/2019) ricuh. Sejumlah pedagang dan petugas Satpol Pamong Praja nyaris terlibat perkelahian.

 

Pedagang Pasar Pucang, Surabaya, berusaha mempertahankan barang dagangannya yang akan ditertibkan Satpol PP Surabaya.

 

Pedagang Pasar Pucang, Surabaya, bersitegang dengan Satpol PP Surabaya saat ditertibkan.

KERICUHAN berawal ketika petugas Satpol Pamong Praja yang dikawal anggota kepolisian dan TNI, melakukan penertiban pedagang buah yang menggelar dagangannya hingga di atas pedestrian.

Terjadi aksi tarik-menarik barang dagangan antara petugas Satpol PP dan pedagang yang mempertahankan dagangan beserta meja kursinya. Bahkan terjadi keributan dan nyaris berujung pada perkelahian. Namun kemudian dilerai anggota kepolisian dan TNI.

Penertiban ini dilakukan karena pedagang menggelar dagangannya di atas pedestrian, yang menyebabkan kawasan tersebut kumuh dan semrawut.

“Sebelum kita melaksanakan kegiatan ini, jauh-jauh hari sudah kita sosialisasikan,  tapi mereka tetap saja berjualan di lokasi yang rencananya akan kita fungsikan kembali sebagai tempat para pejalan kaki,” terang Kasi Transtib Satpol PP, Muljoko.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kembalinya pedagang menggelar dagangan di atas pedestrian, sejumlah petugas Satpol Pamong Praja akan ditempatkan di sekitar Pasar Pucang. (ang)