Pemkot Batu Beri Insentif Veteran

BATU, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Dinas Sosial Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur, menyerahkan insentif kepada para Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI). Secara simbolis, penyerahan dilakukan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Jumat (18/10/2019).

 

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kadinsos, Ririck Mashuri bersama para anggota LVRI.

 

PEMKOT BATU telah menganggarkan dana insentif untuk para LVRI sejak tahun 2008. Hal itu dilakukan sebagai salah satu bukti perhatian dan penghargaan terhadap para pejuang kemerdekaan.

“Ini bagian dari perhatian Pemerintah Kota Batu terhadap para veteran. Saya kira ini belum seberapa dibandingkan perjuangan mereka melawan penjajah. Karena itu, jangan dilihat dari jumlahnya. Semoga bermanfaat dan membuat mereka senang,” tutur Dewanti di sela- sela penyerahan bantuan.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko serta Kadinsos, Ririck Mashuri menyerahkan insentif kepada para anggota LVRI.

Dewanti mengaku senang dengan kondisi para veteran. Meskipun usia sudah tidak muda lagi, namun kondisi fisik masih sehat dan terjaga. Selain diundang, pada kesempatan yang lain, justru pemerintah daerah yang datang ke rumah  para veteran mengantar insentif.

“Alhamdulillah, para veteran masih sehat. Dengan diundang seperti ini, akan menjadi ajang silaturahim antar teman sesama veteran. Namun, kami menyadari tidak semuanya dalam kondisi fit kalau diundang. Karena itu, pihak kami juga akan beranjangsana kepada yang tidak bisa hadir,” lanjutnya.

Lebih lanjut Dewanti menjelaskan, pemberian insentif dilakukan 4 kali dalam satu tahun. Mulai dari moment Hari Raya, HUT Kemerdekaan 17 Agustus, HUT Kota Batu dan hari Pahlawan 10 November.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririck Mashuri menjelaskan, saat ini jumlah LVRI di Kota Batu sebanyak 170 orang. terdiri dari 52 veteran dan janda veteran 118 orang. “Untuk hari ini, yang tidak hadir ada 55 orang,  karena kondisi kurang sehat. Untuk itu, akan kami distribusikan kepada yang berhak bagi yang berhalangan hadir,” tuturnya.

Selain itu,  lanjutnya, Dinas Sosial  bekerjasama dengan Dinas Kesehatan memberikan pelayanan kesehatan kepada LVRI, termasuk jika memerlukan tindakan lanjutan.

“Distribusi kami kerjsama dengan Dharma Wanita. Terkait layanan kesehatan, kami telah bermitra dengan Dinas Kesehatan. Jadi, tadi,  sebelum masuk ruangan ini, para veteran bisa mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan,” pungkasnya. (ide/mat)