Pemkab Malang Raih Penghargaan Status Kinerja Sangat Tinggi

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Pemerintah Kabupaten Malang meraih penghargaan ‘Status Kinerja Sangat Tinggi’ dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Jumat (16/10/2020) sore. Penghargaan diserahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa kepada Pjs. Bupati Malang, Drs. Sjaichul Ghulam, M.M, di Gedung Grahadi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa kepada Pjs. Bupati Malang, Drs. Sjaichul Ghulam, M.M.

 

PENGHARGAAN yang ditandatangani Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Drs. Akmal Malik, MSi ini diberikan berdasarkan penilaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2018.

Penghargaan ini menjadi bukti bahwa tata kelola pemerintahan di Kabupaten Malang menunjukan grafik peningkatan yang baik. Ini sebagai  buah dukungan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terus menunjukan trend peningkatan kinerja yang berintegritas dan akuntabel.

Kali ini, Kabupaten Malang berada di peringkat terbaik keenam dengan skor 3,4459 dari seluruh kabupaten/kota se Jawa Timur, di bawah Kabupaten Banyuwangi, Sidoarjo, Trenggalek, Kabupaten Pasuruan,  dan Jombang.

Sejumlah indikator wajib dipenuhi dalam Evaluasi Penyelenggaran Pemerintah Daerah terhadap LPPD Kabupaten  Malang oleh Tim Nasional EPPD Kemendagri. Pertama,  Indeks Komulatif Kinerja (IKK) 3.1 capaian kinerja aspek pengambil kebijakan sebanyak 43 indikator sudah terklarifikasi tanpa perbaikan.

Kedua,  IKK 3.2 Pelaksana Kebijakan 8 aspek administrasi umum pada 82 OPD sebanyak 1.722 indikator terklarifikasi tanpa perbaikan. Ketiga,  IKK 3.3 aspek tingkat capaian kinerja urusan wajib dan pilihan 167 indikator terklarifikasi dengan perbaikan pada 7 IKK dan sudah dicukupi perbaikannya.

”Mudah-mudahan prestasi LPPD yang dianugerahkan kepada Pemerintah Kabupaten Malang ini mampu meningkatkan kinerja seluruh OPD di Kabupaten Malang. Jangan berpuas diri. Tahun ke depan, Kabupaten Malang bisa lebih baik lagi untuk menembus lima besar. Jadikan motivasi untuk bangkit dan selalu semangat. Tanpa peran seluruh OPD, sinergitasnya susah. Kesinambungan OPD ini berjalan. Keberhasilan merupakan bukti silahturahmi kinerja dari seluruh OPD,” ujar Pjs. Bupati Malang kepada Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Malang, usai kegiatan. (bri/mat)