PDAM Produksi Air Dalam Kemasan

Syamsul Hadi, direktur PDAM Kab Malang.

Pendapatan PDAM saat ini cukup besar, bahkan surplus. Tapi PDAM masih mempunyai peluang untuk menambah penghasilan. Salah satunya memproduksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Diharapkan ke depan dapat bersaing dengan perusahaan yang sudah berjalan lebih dulu.

“Kita akan segera melaunching air minum dalam kemasan. Kita sudah mempunyai sumber mata air yang bagus untuk air kemasan,” kata Direktur Utama PDAM, Syamsul Hadi.
Syamsul mengaku, bahwa sumber mata air di Ubalan, Kecamatan Ngajum sangat cocok dan memenuhi syarat untuk air minum dakam kemasan.
Disingung mengenai kondisi lingkungan yang sebagai sumber yang mensuport air minum, ia mengaku su-dah melakukan perawatan ekosistem dan penghijauan di sekitar lokasi sumber air. Syamsul Hadi mengaku telah mempunyai langkah-langkah untuk memaksimalkan potensi pen-dapatan. “Saat ini ada sekitar 26 kecamatan yang menggunakan jaringan PDAM, diharapkan nantinya akan bisa ke semua kecamatan,” katanya.
“Ada beberapa jaringan yang sudah harus diperbaiki karena sudah lama, penambahan pelanggan, pe-ningkatan distribusi air, membangun depo air bersih, semoga semuanya bisa meningkatan pendapatan,” terangnya. Dia menambahkan, dalam teknis dis-tribusi juga melakukan kerjasama de-ngan Dinas Cipta Karya dan Tata Ru-ang, khususnya di daerah pedesaan.*