Mahasiswa KKN 32 UMM Buka Sudut Literasi di SDN 3 Kebonsari Kulon

PROBOLINGGO, JAWATIMUR. COM – Tingkat literasi Indonesia menempati rangking 60 dari 61 negara dalam hal literasi dan membaca. Namun, berdasarkan hasil survei World Culture Index Score 2018, kegemaran membaca masyarakat Indonesia meningkat signifikan,  menempati urutan ke-17 dari 30 negara.

 

Untuk meningkatkan minat baca siswa, KKN Kelompok 32 UMM di Probolinggo, membuka Sudut Literasi di SD Negeri 3 Kebonsari Kulon, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

 

MENANGGAPI kondisi tersebut, dalam rangka meningkatkan minat baca atau literasi di kalangan anak-anak, kelompok KKN 32 UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) di Probolinggo, Jawa Timur,  membuat terobosan berupa pembukaan lapak buku di halaman SD Negeri 3 Kebonsari Kulon, Kota Probolinggo, belum lama ini. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Divisi Pendidikan yang diketuai Muhammad Mahdi.

“Kegiatan yang diadakan di halaman sekolah ini kita namai Sudut Literasi, yang diisi dengan beragam buku-buku bacaan,” ujar salah seorang anggota Divisi Pendidikan di SDN 3 Kebonsari Kulon, Denny Risky, Rabu (29/01/2020).

Aktivitas para siswa terlihat di area Sudut Literasi. Mereka,  di jam istirahat,  tampak duduk mengambil buku bacaan dan menikmati bacaannya di area halaman sekolah. Kegiatan yang sudah dimulai dari tanggal 23 Januari 2020 sampai 8 Februari 2020 ini disambut antusias siswa-siswi SD Negeri 3 Kebonsari Kulon.

Denny Risky  menjelaskan, membentuk Sudut Literasi` ini memang sebagai salah satu bentuk untuk mewujudkan anak-anak gemar membaca. Karena, setiap siswa akan dengan gampang mencari bacaan buku yang diinginkan,  kapan pun siswa ingin membaca.

“Jadi anak-anak bisa memanfaatkan waktu luangnya. Saat jam istirahat mereka bisa membaca, baik di kelas, maupun di halaman sekolah. Lalu ketika menunggu jemputan misalnya, bisa sambil baca-baca juga,”  jelas anggota Divisi Pendidikan di SDN 3 Kebonsari Kulon, Denny Risky.

Dengan adanya Sudut Literasi ini, Kelompok KKN 32 UMM ingin menumbuhkan semangat belajar dan membaca anak-anak agar meningkat lebih tinggi. Terlebih instruksi tersebut juga telah diminta langsung oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dari kelompok KKN 32 UMM, Bustanol Arifin, S.Pd., M.Pd.  “Pak Bustanol berpesan agar kegiatan divisi pendidikan ditekankan pada  peningkatan minat membaca bagi anak-anak,” ujarnya.

Menurut Denny, Divisi Pendidikan berharap agar kegiatan Sudut Literasi ini tidak hanya berlangsung ketika adanya kegiatan KKN saja, tapi program ini dapat diteruskan oleh pihak sekolah dan berkelanjutan. “Karena gemar membaca ini juga telah diinstruksikan dan kita ingin siswa-siswi di sekolah ini menjadi generasi yang gemar membaca,” pungkasnya. (mat)