Jika Hujan, Jangan Berteduh dan Parkir di Bawah Pohon

Pembersihan dan evakuasi pohon tumbang di Jalan Sudirman, Sumberpucung.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (22/02/2019) mengakibatkan empat pohon tumbang di Kecamatan Tumpang dan Sumberpucung.

SEKRETARIS Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bagyo Setyono membenarkan tumbangnya pohon yang berada di jalan raya Bokor, Kecamatan Tumpang dan Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sumberpucung tersebut.

“Mulai pukul 14.00 WIB  hingga sore hari, sejumlah wilayah di Kabupaten Malang diguyur hujan deras yang disertai angin kencang. Akibatnya,  tiga pohon jenis trembesi yang berada di jalan raya Bokor, Tumpang roboh. Satu pohon di Jalan Sudirman, Sumberpucung juga tumbhang, ” terang Bagyo.

Beruntung, meski pohon yang roboh berada di pinggir jalan raya, tidak sampai mengakibatkan korban. “Nihil korban, baik jiwa maupun material, karena robohnya pohon berada di badan jalan, dan tidak ada kendaraan yang melintas. Hanya akibat pohon yang roboh melintang di jalan raya, sempat mengganggu kelancaran arus lalu lintas ,” jelas Bagyo.

Agar tidak semakin macet, relawan BPBD Kabupaten  Malang,

Pembersihan dan evakuasi pohon tumbang di Desa Bokor, Tumpang oleh relawan BPBD Kab Malang.

PMI Kabupaten Malang dan Muspika setempat, bahu-membahu membersihkan dan memotong pohon trembesi yang cukup besar. “Alhamdulillah,  yang di Tumpang, tidak lama bisa dibersihkan, sehingga menjelang sore kemacetan sudah tidak ada lagi,” beber pria yang akrab disapa Walet.

Berbeda dengan yang di Tumpang. Robohnya pohon yang berada persis di depan rumah dinas Camat Sumberpucung ini, tidak bisa langsung dilakukan pembersihan. “Karena menimpa kabel listrik PLN. Kita berkoordinasi dahulu dengan PLN, khawatir masih ada aliran listrik yang mengalir. Namun saat ini sudah mulai dilakukan pembersihan,”katanya.

Memasuki paruh waktu di musim penghujan, intensitas curah hujan disertai angin kencang, cukup tinggi terjadi. Bagyo menghimbau agar masyarakat lebih waspada. “Jika memang sudah terlihat mendung tebal, lebih baik berada di rumah atau di dalam ruangan. Kalau memang sedang beraktivitas di luar ruangan, jangan berteduh di bawah pohon dan hindari parkir kendaraan di bawah pohon besar maupun papan reklame. Tingkatkan kewaspadaan saat melintas di jalan raya dalam kondisi hujan lebat,” himbaunya. (diy)