Jelang Coblosan, KH Marzuki Ajak Masyarakat Jaga Kedamaian

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Menjelang Pemilihan Walikota/Wakil Walikota Malang, Jawa Timur yang  tinggal hitungan jam. Calon Walikota Malang, Sutiaji, mengikuti pengajian rutin selosoan yang diasuh KH. Marzuki Mustakmar di Masjid Sabilillah, Blimbing, Selasa (25/06/2018) malam, ba’da maghrib.  

 

Calon Walikota Malang, Sutiaji, mengikuti pengajian rutin selosoan yang diasuh KH. Marzuki Mustakmar di Masjid Sabilillah, Blimbing.

 

Para jamaah bersalaman dengan Calon Walikota Malang, Sutiaji, yang mengikuti pengajian rutin selosoan di Masjid Sabilillah, Blimbing.

PADA ACARA tersebut, calon walikota yang berpasangan dengan Sofyan Edy Jarwoko ini datang agak terlambat. Oleh KH. Marzuki Mustakmar yang sudah memulai acara, langsung mempersilahkan Sutiaji bergabung dengan jamaah lainnya. Dia lantas mengambil posisi di deretan depan, di sisi utara,  menghadap selatan.

Tak ada kalimat yang keluar dari Sutiaji. Bersama jamaah lainnya, dia hanya duduk manis, mendengarkan ceramah KH. Marzuki Mustakmar.

Pada kesempatan itu, pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Gasek, Kota Malang ini, mengajak kepada para jamaah untuk bersama-sama menjaga keamanan, kedamaian, dan kelancaran pilkada, baik di tingkat Provinsi Jawa Timur maupun Kota Malang.

Calon Walikota Malang, Sutiaji bersama KH. Marzuki Mustakmar di Masjid Sabilillah, Blimbing.

Dia juga mengajak para jamaah dan tim sukses semua calon kepala daerah agar tidak saling menjatuhkan, tidak saling menyebar fitnah dan menyebarkan informasi yang tidak baik di media sosial. “Menyebarkan fitnah, apalagi sampai disebarkan di media sosial,  itu berdosa. Kalau memang ada calon yang punya salah, datangi saja orangnya, lalu diingatkan baik-baik,” katanya.

“Kalau tidak berani mengingatkan secara langsung,  bisa minta tolong kepada orang yang mereka sungkani untuk mengingatkan calon tersebut. Cara ini lebiih baik dari pada disebarkan di media sosial. Belum tentu juga apa yang disebarkan itu benar. Kalau tidak banar, malah menjdi fitnah. Marilah bersaing dalam pilkada ini dengan sehat dengan tidak saling menjatuhkan,” ajaknya.

Kyai kharismatik ini juga berpesan kepada semua elemen masyarakat, terutama kepada para jamaah yang hadir dan tim sukses para calon agar tetap menjaga keamanan, kedamaian  selama pilkada.  “Tim sukses semua calon ini adalah orang Malang semua,  orang Islam semua. Karena itui mari kita saling menjaga kamananan dan kedamaian,” harapnya.

Bahkan KH. Marzuki berharap, setelah coblosan selesai dilaksanakan, ketiga pasang calon yang bertarung di Pilkada Kota Malang,  bersama-sama datang ke Masjid Jamik Kota Malang atau ke Masjid Sabilillah Blimbing untuk sujud syukur. “Baik yang kalah maupun yang menang, bersama-sama sujud syukur. Bersyukur karena pelaksanaan pilkada berjalan aman dan damai,” katanya.  (mat)