Hujan Deras, Tiga Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Rumah warga di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang terdampak puting beliung.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Tiga rumah milik warga di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur,  rusak akibat tertimpa pohon yang diterjang angin kencang disertai hujan deras, Selasa (22/01/2019).  Tak ada korban jiwa. Kerugian ditaksir puluhan juta rupiah.

 

SEKRETARIS PMI Kabupaten Malang, Aprillijanto, SE.MM, menuturkan,  puting beliung terjadi pada pukul 06.00 wib. “Kejadiannya  tadi pagi pukul enam, di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi. Menurut keterangan warga,  saat itu terjadi hujan lebat, disertai angin kencang,” terang Aprill.

Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo, akibat hujan lebat yang disertai angin ribut, merobohkan sebuah pohon. “Akibatnya,  tiga rumah milik warga rusak karena tertimpa pohon. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun cedera, hanya kerugian material,”jelasnya.

Ketiga rumah tersebut adalah milik Misjan (53), yang rusak pada dapur rumahnya. Begitu pula rumah milik Sihari Dwiyanto (42), mengalami kerusakan di dapur dan atap rumah bagian belakang. Keduannya ditaksir menderita kerugian mencapai Rp 5 juta. Sedangkan rumah yang ditempati Surateno (57), rusak pada bagian dapurnya dan menderita kerugian Rp 1 juta.

Untuk meringankan beban keluarga yang terdampak tumbangnya pohon, warga beserta Sibat PMI, Desa Purwodadi bahu membahu membersihkan reruntuhan. “Kebetulan di Desa Purwodadi sudah terbentuk Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat-red), sehinga langsung bisa dilakukan pendataan, saat ini mereka sedang melakukan pembersihan. Untuk penyaluran bantuan mungkin besok akan kami kirim kesana,”tandas pria yang akrab disapa Mbah Tomo.

Sementara itu secara terpisah, mencermati hujan dengan intensitas tinggi yang saat ini sering terjadi, Kepala Badan Penangulanggan Bencana Daerah (BPBD) Kab Malang, Bambang Istiawan, menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dan waspada.

“Akhir-akhir ini memang sering hujan lebat disertai angin kencang, untuk kepada masyarat agar hati-hati, hindari berteduh dibawah pohon, papan reklame maupun bangunan lain yang mudah roboh jika terkena angin kencang, khususnya kepada para pengendara sepeda motor,”himbau mantan Kasatpol PP Kab Malang.  (diy)