TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Proses rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Malang.

Hari Kedua, Rekapitulasi 15 PPK Harus Selesai

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Memasuki hari kedua proses rekapitulasi  penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di tingkat Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (02/05/2019), baru 7 PPK (kecamatan) dari 33 PPK yang sudah direkapitulasi. Pada hari edua ini, KPUD mentargetkan rekapitulasi 15 PPK.

 

 

Proses rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Malang.

KEPADA awak media, Ketua KPUD Kabupaten Malang, Santoko menyatakan, sampai pukul 12.30 WIB, Kamis (02/05/2019),  sudah tujuh kecamatan yang berhasil direkapitulasi. “Sampai hari ini, istirahat siang ini, kami berhasil menyelesaikan tujuh kecamatan dari target 15 PPK yang harus kami selesaikan hari ini,” terangnya Kamis, (02/05/2019).

Pada hari pertama, Rabu (01/05/2019), proses rekapitulasi tingkat kabupaten  hanya menyelesaikan 5 PPK, yaitu, Kecamatan Kepanjen, Bululawang, Pagelaran, Dampit, dan Ampelgading. Sedangkan hari kedua, sampai Kamis (02/05/2019) siang, pukul 12.30 WIB, baru diselesaikan 2 PPK, yakni Tirtoyudo dan Bantur. Sedangkan untuk Kecamatan Turen, Dau, Donomulyo, Gedangan, Jabung, Kalipare,  Karangploso dan  Kasembon,  masih dalam proses penyelesaian.

Ketua KPUD Kab Malang, Santoko

“Kemarin kita memang hanya bisa menyelesaikan 5 kecamatan. Ada dua sebab. Pertama, kita start mulai jam 13.00 WIB, sehingga agak terlambat. Kedua, layar lebar yang dipakai sudah kabur, karena digunakan terus- menerus, sehingga pada pukul 21.30 WIB proses rekapitulasi terpaksa kami hentikan. Untuk hari ini kami memutuskan sampai jam 24.00 WIB, dengan menggunakan empat layar secara bergantian. Harapannya, target kami menyelesaikan 15 kecamatan bisa tercapai,” kata Santoko.

Selama proses rekapitulasi, Santoko menyatakan,  semua berjalan lancar, tidak ada protes berlebihan atau penolakan dari para saksi,  baik saksi Pilpres Pasangan 01 maupun 02 dan Partai Politik. “Alhamdulillah, bisa berjalan dengan lancar. Jika ada perselisihan atau mis, bisa segera diselesaikan. Kami pikir itu adalah dinamika. Namun PPK Turen terpaksa kita skors, bahkan sampai dua kali skorsing karena datanya belum lengkap,” ungkapnya.

Sementara itu, dari 33 PPK yang ada di Kabupaten Malang, memasuki hari kedua, PPK Singgosari masih belum menyelesaikan proses penghitungan. “Kami masih menunggu dan memaklumi,  karena besarnya jumlah TPS dan DPT yang ada disana (Kecamatan Singgosari). Kami yakin, besok, mereka sudah berhasil menyelesaikannya,” tegas alumni UMM.

Dari hasil rekapitulasi sementara tingkat kabupaten, Pasangan Capres berapa dan perolehan partai politik apa yang mendominasi? “Terkait hasil, kami belum bisa menyampaikan hari ini, karena masih berproses. Hasil rekapitulasi yang ada juga belum ditandatangani,”pungkas Santoko. (diy)