Habitat Lobster, Cocok untuk Surfing

Lenggoksono memang cocok untuk surfing.

KEPALA Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Malang, Jawa Timur Made Arya Wedhantara menjelaskan, Pantai BOWELE (Bolu-Bolu, Wediawu, Lenggoksono) terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik, merupakan habitat udang borong / lobster sehinga untuk melindungi sumber daya sustainable maka diterapkan pengembangan marine protected area dan ekowisata bahari yang eksotis.
“Pantai Lenggoksono memiliki ombak yang menggulung namun teratur, sehingga cocok untuk surfing. Dasar pantai terdiri dari pasir dan batuan kecil sehingga aman bagi pesurfing pemula, juga bisa digu-nakan sebagai tempat kemping keluarga di tepian pantai ini,” kata Made Arya Wehantara.
Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Malang, Jawa Timur pun terus berupaya untuk “menjual” Pantai Lenggoksono kepada para wi-satawan. Salah satu yang dilakukan adalah menyertakan pantai yang ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang ini dalam Majapahit Travel Fair (MTF) di Surabaya beberapa waktu lalu.
“Kami juga membantu mem-buatkan liflet untuk dibagikan kepa-da pengunjung. Selain itu kamu sudah memasang bando di Sengka-ling untuk mengenalkan Lenggok-sono kepada wisatawan,” kata Made Arya.
Kepala Desa Purwodadi, Sodik menjelaskan, air terjun tepi pantai (banyu anjlok) setinggi 12 m bisa diakses menggunakan perahu nelayan. Wisatawan juga dapat menikmati teluk kecil dengan hamparan pasir dan batu karang yang halus nan indah serta ombak yang tenang, sehingga cocok untuk area kemah. *