Gubernur Jatim : Tol Mapan Urai Kemacetan Lawang – Singosari Hingga 70%

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku sempat deg deg an dengan skema desain estimasi kemacetan mudik lebaran tahun ini. Namun dengan diresmikannya Tol Malang – Pandaan (Mapan) akan mengurangi kemacetan Lawang – Singosari hingga 70 %.

 

 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa saat peresmian Tol Mapan bersama Presidan dan rombongan.

KINI GUBERNUR Jatim merasa lega setelah jalan Tol Malang – Pandaan (Mapan) diresmikan  Presiden Republik Indonesia, Ir H. Joko Widodo, Senin (13/05/2019).

“Kami sempat deg deg an dengan estimasi mudik lebaran tahun ini. Dengan diresmikan jalan Tol Mapan, kekhawatiran itu hilang. Terima kasih Bapak Presiden yang telah meresmikan jalan tol ini,” tutur Khofifah saat pidato menyambut kedatangan Presiden RI di pintu masuk Tol Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur,  Senin (13/05/2019).

Menurutnya, dengan beroperasinya jalan tol, diperkirakan akan mengurai kemacetan, utamanya di kawasan Lawang dan Singosari, hingga 70 persen. Efeknya, percepatannya sangat besar. Sebagai kota wisata, kelancaran lalu lintas menjadi sangat penting.

“Apalagi kalau didukung dengan bandara (Abd Saleh) yang bestatus internasional. Untuk itu peresmian jalan tol di seksi 1, 2 dan 3, akan sangat berpengaruh besar pada perekonomian serta perubahan lainnya,” lanjut Khofifah.

Karena itu, imbuhnya, jika jalan tol sudah selesai secara keseluruhan, akan sangat berpengaruh besar terhadap sarana transportasi di Jawa Timur.  (ide)