Gowes dan Karnaval Santri di Gondanglegi Berlangsung Semarak

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Serangkaian kegiatan digelar di Kecamatan Gondanglegi sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah SWT yang berlangsung semarak dan khidmat. Salah satu giat yang dijalankan adalah gowes bareng pada Sabtu, 10 Agustus 2019, pukul 07.00 s/d selesai.

 

Peserta Gowes berfoto bareng.

 

KEGIATAN go wes berjalan sukses dengan diikuti total 250 peserta. Secara lebih rinci peserta berasal dari PJ Kades Ganjaran beserta perangkatnya, Bhabinkamtibmas Desa Ganjaran, Paguyuban sepeda MTB sekitar Desa Ganjaran, Paguyuban Onthel Desa Ganjaran, serta anggota GOT (Gowes on the way) Desa Ganjaran.

Secara istimewa Aipda Joko Suryanto, S.H perwakilan Polres Malang Polsek Gondanglegi, turut mengikuti go wes bersama warga, jajaran pemerintahan desa, serta Muspika Kecamatan Gondanglegi. Menariknya, acara juga disipi dengan launching GOT (Gowes On The Way) Desa Ganjaran.

Giat gowes bareng menempuh rute sepanjang 20 km, dengan start di Balaidesa Ganjaran – Jalan Desa Ganjaran – Desa Putukrejo – Desa Sumberjaya – Desa Sukonolo – Desa Bulupitu – Desa Panggungrejo dan finish di Balaidesa Ganjaran dilanjutkan pembagian hadiah. Hadiah utama yang disediakan panitia berupa kompor gas dan hadiah hiburan yang lain total 60 item macam barang.

“Harapan dengan kegiatan ini ada kebersamaan di kalangan pemuda dan tokoh masyarakat, serta mengolahragakan masyarakat Desa Ganjaran, serta mempopulerkan olahraga bersepeda,” tutur Fitriyatus Sholiha mewakili panitia.

Takbir Keliling

Guna memarakkan peringatan tujuh belasan dan Idul Qurban, selain gowes, juga diadakan takbir keliling. Malam takbir keliling Sabtu (10/8) dipusatkan di desa Ganjaran diikuti 1.500 peserta. Giat takbir diadakan dengan tujuan untuk menyatukan semua elemen yang ada di Desa Ganjaran agar bersatu untuk mengagungkan nama Allah SWT.

Meskipun kegiatan tersebut baru pertama kali dilakukan, namun ke depan akan dijadikan agenda tahunan Desa Ganjaran. Giat ini juga sebagai bentuk menyelaraskan kegiatan malam takbir dengan status Desa Ganjaran sebagai desa santri.

Karnaval Desa Santri dan Upacara Kemerdekaan

Selain go wes, masih ada dua agenda lagi akan digelar di Desa Ganjaran yaitu karnaval desa santri dan upacara peringatan hari santri. Direncanakan, kegiatan ini diikuti oleh banyak banom (badan otonom NU), dan masyarakat dari Desa Ganjaran maupun desa luar Ganjaran. (hadi)