Gara-gara Bakar Daun Kering, 1.000 M2 Hutan Bambau Terbakar

Kobaran api membakar 1.000 m2 lahan bambu di kawasan Karangwidoro, Dau, Kabupaten Malang.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Kebakaran kembali melanda wilayah Kabuoaten Malang. Sekitar 1.000 m2 lahan bambu ori milik Hartono (60), warga Dusun Ndoro RT 18/RW 03, Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terbakar, Selasa (15/10/2019) petang, sekitar pukul 15.00 WIB. Akibat kejadian ini, pemilik mengalami kerugian sekitar Rp 22 juta.

 

KEPALA Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto, menjelaskan, Selasa malam, petugas jaga PMK Kabupaten Malang, menerima telepon dari Mail, warga dusun setempat. Kepada petugas, dia melaporkan terjadi kebakaran hutan bambu di kampungnya.

Mobil PMK Kabupaten Malang memadamkan api di lahan bambu di kawasan Karangwidoro, Dau, Kabupaten Malang.

Setelah mendapat laporan dari warga, sekitar pukul 21.15 WIB, tim PMK Kabupaten Malang yang dipimpin Komandan Regu IV, Endro L, langsung meluncur ke lokasi kejadian dengan membawa dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar).

“Setiba di lokasi kejadian, tim PMK bersama masyarakat, langsung melakukan pemadaman. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk memadamkan api, karena yang terbakar adalah bahan yang sangat mudah terbakar. Ada beberapa bambu yang sudah kering sehingga dengan cepat terbakar,” kata Goly Karyanto, Rabu (16/10/2019) siang.

Menurut Goly, diduga lahan bambu seluas kurang lebih 1.000 m2 ini terbakar karena pembakaran kayu dan daun kering yang  merembet ke lahan bambu milik Hartono. “Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian ini. Tapi pemilik mengalami kerugian sekitar Rp 22 juta. Sebab, lahan bambu yang terbakar cukup luas, menyebar di tujuh titik,” terang Goly Karyanto. (iko/mat)