Diterjang Ombak, 8 Warung di Ngliyep Rusak

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Ombak besar yang melanda pesisir pantai di Malang Selatan, Jawa Timur,  menimbulkan kerusakan di sejumlah fasilitas wisata. Di antaranya,  jembatan Hanoman,  penghubung pulau Ismoyo dengan Pantai Balekambang, di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur,  dan delapan warung di Pantai Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

 

 

Jembatan Hanoman, penghubung pulau Ismoyo di Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang rusak diterjang ombak besar pada Rabu (25/07/2018).
Ombak besar di Pantai Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

KEPALA UPT Pantai Ngliyep, Sodik Pribadi, menjelaskan, ombak besar yang terjadi pada Rabu (25/07/2018) memang di luar kewajaran. “Biasanya tidak sampai di jalan mas. Tadi, sekitar pukul 10.30 WIB, ombak sampai menerjang warung yang ada di seberang jalan. Akibatnya, 8 warung rusak karena terhempas ombak. Warung  milik Pak Tukijan yang paling parah,”terang Sodik.

Menurut Sodik Pribadi, dalam kurun waktu lima tahun terakhir, ini adalah ombak yang paling tinggi. “Biasanya, ombak besar terjadi menjelang malam satu suro. Kali ini di luar kewajaran. Namun ada berkah tersendiri. Sebab, jumlah wisatawan lokal yang datang meningkat, karena ingin menyaksikan fenomena alam yang jarang terjadi ini,” jelas Sodik.

Menurut Sodik, dalam kondisi normal, jumlah pengunjung yang datang ke Pantai Ngliyep antara 50 sampai 70 orang. “Kalau Sabtu atau Minggu, bisa mencapai 500 orang. Tiket masuk hanya Rp 15 ribu per orang. Harga ini sudah bisa masuk di Pantai Ngliyep dan Pasir Panjang,” paparnya.

Sementara itu,  menurut Ketua Paguyuban Nelayan Pantai Ngliyep, Teguh Pitono, ombak besar memang biasa terjadi di bulan Juli sampai Agustus. “Namun ombak yang terjadi hari ini  memang tidak seperti biasanya. Tadi sampai masuk ke belakang warung saya mas,” kata Teguh.

Ombak besar yang melanda pesisir selatan Pulau Jawa, selain menimbulkan kerusakan di Pantai Ngliyep, juga menyebabkan rusaknya jembatan Hanoman yang menghubungkan Pulau Ismoyo dengan Pantai Balekambang, di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

“Benar,  ada kerusakan jembatan yang menghubungkan Pulau Ismoyo. Untuk itu,  sementara ini kegiatan ibadah di Pura yang ada di Pulau Ismoyo kami hentikan,” terang Ahmad Faiz Wildan, Dirut PD. Jasa Yasa.

Meski ombak besar masih terjadi, PD. Jasa Yasa selaku pengelola Pantai Wisata Ngliyep dan Balekambang, tidak menutup kedua pantai wisata yang menjadi andalan wisata Kabupaten Malang itu. “Sama seperti Ngliyep, Balekambang aman untuk pengunjung. Hanya debit air laut meningkat. Tapi pengunjung dilarang mandi di laut,” tegasnya.  (diy)