Diguyur Hujan Deras, Jalur Malang – Kediri Longsor

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Ketenangan warga Dusun Kedungrejo, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang sedang tidur lelap pada Rabu (18/03/2020) malam, terusik. Ini setelah terjadi tanah longsor sekitar pukul 22.30 WIB di jalan raya yang menghubungkan Malang – Kediri. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

 

 

Material longsor yang sempat menutup sebagian badan jalan yang menghubungkan Malang – Kediri di Dusun Kedungrejo, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Rabu (18/03/2020) dini hari. (ist)

 

KEPALA Sub Seksi (Kasubsi) Penanggulangan Bencana (PB) PMI Kabupaten Malang, Muji Utomo, menjelaskan, pada Rabu (18/03/2020) dini hari, petugas jaga Markas PMI Kabupaten Malang, JL. Raya Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, menerima laporan terjadi longsor di Dusun Kedungrejo, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon.

“Kami menerima laporan ada longsor di Dusun Kedungrejo, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon. Tanah  yang longsor ini tingginya sekitar 15 meter, lebarnya 8 meter, sehingga menutup sebagian akses jalan jalur propinsi yang menghubungkan Malang – Kediri. Lokasi longsornya memang di jalan raya jalur propinsi, tepatnya di Dusun Kedungrejo, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon,” terang Muji Utomo, Rabu pagi.

Relawan senior PMI Kabupaten Malang ini menjelaskan, pada Selasa (17/03/2020) siang, hujan dengan intensitas deras  terjadi di wilayah Malang barat, termasuk di lokasi longsor, mulai pukul 15.00 WIB. “Akibat hujan deras yang turun terus-menerus, tebing jalan raya longsor sekitar pukul 22.30 WIB. Alhamdulillah,  tak ada korban jiwa. Hanya material longsor yang sempat menutup sebagian badan jalan,” katanya.

Saat itu, tim relawan harus menunggu alat berat dari Dinas PU Bina Marga untuk menyingkirkan material longsor yang menutup sebagian badan jalan. Sedangkan  arus lalu lintas dilakukan dengan sistem buka tutup.

Sejumlah instansi terlibat dalam menangani bencana ini. Di antaranya, Koramil Pujon, Polsek Pujon, Kecamatan Pujon, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI, Dinas Pekerjaan Umum, dan masyarakat sekitar.  (bri/mat)