Camat Dampit Terpilih Jadi  Camat Teladan Jawa Timur

*Reporter : rahmat

SURABAYA, TABLOID JAWA TIMUR.COM – Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, Camat Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Bagus Sulistiawan, akhirnya terpilih menjadi Camat Teladan tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2018. Alumni STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri) ini, menyingkirkan empat pesaingnya dari Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, Situbondo dan Kabupaten Tuban.

 

Gubernur Jawa Timur, Dr. Soekarwo menyerahkan piagam penghargaan kepada Camat Dampit, Kabupaten Malang, Bagus Sulistyawan terpilih menjadi Camat Teladan tingkat Provinsi Jawa Timur 2018 di kantor Gubernur Jawa Timur.

PENGUMUMAN terpilihnya Bagus Sulistiawan menjadi Camat Teladan Tingkat Jawa Timur 2018, dilakukan Jumat (27/04/2018) pagi, bersamaan upacara peringatan hari otonomi daerah ke-XXII, di halaman kantor Gubernur Jawa Timur, Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya. Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Jawa Timur, Dr. Soekarwo kepada Camat Dampit.

Saat dihubungi via HP Jumat (27/04/2018) siang, sekitar pukul 10.32 WIB, dia masih berada di Surabaya, tengah bersiap-siap pulang ke Malang. Tak banyak yang ia sampaikan. Hanya rasa syukur kepada Allah SWT sehingga prestasi ini dapat diraih.

“Pertama, saya ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena pada tahun 2017, Kecamatan Dampit terpilih menjadi  juara pertama dalam lomba Sinergitas Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Timur,” kata Bagus Sulistiawan.

“Kedua, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna yang telah memberi kesempatan kepada kami sehingga tahun 2017 lalu berhasil menjadi juara pertama lomba Sinergitas Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Timur,” imbuhnya.

Gubernur Jawa Timur, Dr. Soekarwo foto bersama Camat Dampit, Bagus Sulistyawan.

Ucapan terima kasih juga dia sampaikan kepada keluarga besar Kecamatan Dampit, mulai para karyawan, karyawati, desa, kelurahan, LPMD, UPTD dan semua stakeholder yang ada. Sebab, berkat kerjasama, semangat persatuan dan kesatuan, serta kebersamaan semua pihak, sehingga dapat melakukan sinergitas di segala bidang.

“Tentunya,  sinergitas yang baik ini tak lepas dari situasi yang harmonis dan kondusif, sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan baik. Semoga dengan prestasi ini bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di Kecamatan Dampit, khususnya dapat mendukung tiga program prioritas Kabupaten Malang, yakni mengurangi jumlah kemiskinan, mendongkrak pariwisata dan menjaga lingkungan hidup, termsuk juga mendukung  program Provinsi Jawa Timur,” jelasnya.

Gubernur Jawa Timur, Dr. Soekarwo dan istri, foto bersama Camat Dampit, Bagus Sulistyawan dan istri.
Gubernur Jawa Timur, Dr. Soekarwo bersama para camat yang masuk lima besar Camat Teladan tingkat Provinsi Jawa Timur 2018.

Seperti diberitakan sebelumnya, Camat Dampit, Kabupaten Malang, Bagus Sulistiawan, masuk dalam lima besar calon Camat Teladan tingkat Jawa Timur 2018. Ini diketahui dari surat Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang ditandatangani Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Anom Surahno, SH, Msi, beberapa hari lalu.

Dalam surat yang salah satunya ditujukan kepada Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna tersebut disebutkan bahwa Camat Dampit, Bagus Sulistiawan diundang menghadiri peringatan hari otonomi daerah ke-XXII, Jumat (27/04/2018) pukul 07.00 WIB di halaman kantor Gubernur Jawa Timur, Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya.

Selain Bagus, ikut juga diundang dalam acara itu, Camat Sangkapura, Kabupaten Gresik, Abdul Adim; Camat Benowo, Surabaya, Muslich Hariadi; Camat Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Sopan Effendi serta Camat Bangilan, Kabupaten Tuban, Moh. Maftuchin Riza.

Prosesi penyerahan penghargaan kepada para camat dalam upacara HUT OTODA di Surabaya.

Mantan Lurah Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang ini mengakui, kegiatan ini ada kaitannya dengan lomba Sinergitas Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017 lalu. Kala itu, Kecamatan Dampt berhasil menjadi juara pertama.

Dalam penilaian akhir lomba Sinergitas Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Timur itu, Kecamatan Dampit yang sudah masuk lima besar tingkat Jawa Timur, berhasil menyisihkan Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Kecamatan Benowo Kota Surabaya, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo dan Kecamatan Bangilan,  Kabupaten Tuban.

Bagus menjelaskan, salah satu produk  yang menjadi andalan Dampit dalam lomba ini adalah kopi. Bicara soal kopi, Dampit adalah pustnya. Potensi biji hitam ini menyebar hampir di seluruh desa di  Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.  Kualitasnya pun tak usah diragukan.  (*)