Bintang dan Calvina Dinobatkan Jadi Joko Roro Kabupaten Malang 2018 di Gunung Kawi

MALANG, TABLOID JAWA TIMUR.COM – Setelah melalui seleksi yang sangat ketat dan panjang, Bintang Halilintar dan Roro Ega Calvina, akhirnya terpilih menjadi Joko dan Roro Kabupaten Malang 2018. Grand final dilangsungkan di Amphiteater Gunung Kawi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/04/2018) malam.

 

Selendang kemenangan disematkan kepada Bintang Halilintar dan Roro Ega Calvina yang akhirnya terpilih menjadi Joko dan Roro Kabupaten Malang 2018. Grand final dilangsungkan di Amphiteater Gunung Kawi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/04/2018) malam.

 

Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna foto bersama pemenang Joko Rodo 2018 dan para undangan.

DALAM GRAND FINAL yang dilaksanakan di ketinggian 2551 meter di atas permukaan air laut (mdpl) tersebut, terdapat 15 pasang finalis. Mereka harus berhadapan dengan tujuh juri. Salah satunya chef terkenal, Farah Queen.

“Hasilnya, Bintang Halilintar terpilih sebagai Joko dan Ega Calvina sebagai Roro Kabupaten Malang 2018,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara  usai acara.

Sedangkan Wakil I Joko Roro adalah Andre Saputra dan Roro Gloria Vincentia, Wakil II Elvan Bramastya dan Venska Natasya. Sementara, Joko Roro Favorit jatuh kepada  Goldy Sena Prabowo dan Delonix Regia. Sedangkan Joko Roro Berbakat adalah Oryza Aditya Wardana dan Gebry Alan Biya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara.
Anggota Komisi X DPR RI, Kresna Dewanata Prosakh ikut menyaksikan Grand Final Joko Roro yang dilangsungkan di Amphiteater Gunung Kawi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/04/2018) malam.

Selain memiloj Joko Roro, panitia juga memilih Duta Desa Wisata dan Duta Sanitasi. ”Yang terpilih adalah Jingga Wahyu Buana dan Vanessa Astari. Sementara Duta Sanitasi terpilih adalah Joko Bayu Hendriansya dan Belinda Amanda. Mereka akan bertugas sebagai Duta Wisata Kabupaten Malang selama dua tahun ke depan,” kata Made.

Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna yang membuka acara tersebut, mengucapkan selamat kepada para pemenang. “Selamat atas terpilihnya Joko Roro Kabupaten Malang tahun 2018, serta semua peserta yang masuk hingga babak grand final. Semoga ke depan mampu menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai Joko Roro Kabupaten Malang,” katanya.

Bupati Malang menambahkan, di antara tugas Joko Roro itu adalah mempromosikan wisata yang dimiliki Kabupaten Malang,  mulai pantai, gunung, hingga desa wisata.

Farah Queen, chef internasional dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Malang, Dr. Wahyu Hidayat menjadi juri dalam Grand Final Joko Roro yang dilangsungkan di Amphiteater Gunung Kawi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/04/2018) malam.
Bintang Halilintar, Joko Kabupaten Malang 2018.
Ega Calvina, Roro Kabupaten Malang 2018.

Tahun ini, tema yang diambil Pemerintah Kabupaten Malang dalam Grand Final Pemilihan Joko Roro adalah Discovery The Hiden Paradise. Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pemerintah Kabupaten Malang mencoba mengangkat dua destinasi wisata, Boonpring di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen dan wisata religi Gunung Kawi di Desa/Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

Sementara itu, Bintang Halilintar yang terpilih sebagai Joko Kabupaten Malang 2018 adalah warga Sengkaling, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Sedangkan Ega Calvina yang terpilih menjadi Roro adalah warga Lowokwaru, Kota Malang. (mat)