BBM Turun, Beras Naik

Kantor BPS Kota Malang.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Masyarakat bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, harga beberapa bahan makan, cenderung turun. Penurunan itu bahkan mencapai 1,57 persen pada harga cabe rawit, telur ayam dan beberapa lainnya.

 

“UNTUK cabe rawit dan cabe kriting, ada penurunan harga. Karena memang pasokan melimpah. Daging ayam dan telur, pasokan juga lancar. Begitu juga tranportasi udara, tergantung dolar dan harga aftur, sehingga cenderung turun,” tutur Dwi Handayani, Kepala Seksi Statistik Distribusi BPS Kota Malang, Jumat (01/03/19).

Dwi Handayani, Kepala seksi Statistik Distribusi BPS Kota Malang memberikan keterangan.

Selain itu, lanjut Dwi, penurunan harga juga ada campur tangan pemerintah, mengingat ada penurunan harga BBM. Sebagai kebutuhan baku sarana transportasi bahan makanan, untuk kelancaran pasokan barang.

Namun demikian, masih kata Dwi, ada beberapa hal kebutuhan masyarakat yang mengalami kenaikan. Kenaikan itu, ada pada bawang putih yang mencapai 10,31 %, tomat sayur 17, 107%, perhiasan 1,9% dan mobil 1,48%.

“Selain itu bahan dasar kebutuhan masyarakat berupa beras, juga naik hingga 0,48%. Sampai kapan, belum bisa diperkirakan. BPS sendiri, memperbarui data setiap minggu,” pungkas Dwi. (ide)