Bayi Kembar Siam Akila Azila Berhasil Dipisahkan

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Bayi kembar siam dempat dada perut Akila dan Azila akhirnya berhasil dipisahkan. Operasi pemisahakan kembar siam asal Kendari ini berlangsung lebih cepat dari perkiraan yang sebelumnya diprediksi berlangsung selama 12 jam. Sejak masuk ruang operasi pada pukul tujuh pagi tadi, tim dokter mampu mengoperasi dan memisahkannya sekitar pukul 12 siang. Dan masih di meja operasi, pasca berhasil dipisahkan, kedua bayi inipun ditangani masing-masing tim dokter.

 

Proses operasi pemisahan kembar siam Akila dan Azila disiarkan melalui layar monitor.

 

“BERKAT Tuhan Yang Maha Kuasa, tim dokter bayi kembar siam berhasil memisahkan Akila dan Azila. Operasi pemisahan yang diprediksi berlangsung 12 jam ternyata dapat lebih cepat. Tadi sekitar jam 12 siang kedua bayi dipisahkan,” jelas Ketua Tim Dokter Bayi Kembar Siam, dr Agus Hariyanto.

Berbeda dengan bayi Akila yang proses penanganan dan operasi lanjutan pasca pemisahan berlangsung lancar, proses rekonstruksi dan operasi lanjutan bayi Azila terbilang sulit. Pasalnya, tim dokter harus memasang plat untuk mengganti sebagian tulang dada Azila. Membutuhkan waktu hingga pukul 5 sore untuk menyelesaikan penanganan bayi Azila.

Proses jalannya operasi pemisahan ini disiarkan melalui layar monitor yang dapat ditonton di ruang rapat Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSU Dokter Soetomo Surabaya. Dalam gambar yang disiarkan dari ruang operasi ini terlihat proses pemisahan Akila dan Azila yang dilakukan tim dokter. Namun tim dokter dan sejumlah awak media yang berada di ruangan tiba-tiba dikejutkan dengan pingsanya Hasmiatin (39 tahun), nenek dari Akila Azila.

Diduga, Hasmiatin yang juga ikut menyaksikan siaran operasi pemisahan di layar monitor, tidak tega dan tidak kuat melihat kondisi kedua cucunya saat menjalani operasi pemisahan. Hasmiatin sadar setelah sejumlah dokter memberikan pertolongan. (ang)