TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

551 Maba SNMPTN Terdaftar Peserta Penerima KIP Kuliah

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebanyak 551 calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) yang diterima melalui Jalur Prestasi atau SNMPTN sudah terdaftar sebagai peserta program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Jumlah tersebut tentunya bukan merupakan hasil final namun masih akan diverifikasi kembali.

 

 

Prof. Dr. Abdul Hakim., M.Si.

WAKIL REKTOR III Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Abdul Hakim., M.Si mengungkapkan skema pemberian KIP yang baru akan membantu meningkatkan penerimaan universitas dari sumber Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Karena selama ini dengan UKT Rp 2,4 jt sebagian besar berada dibawah kategori golongan III.

Tahun lalu jumlah kuota yang diberikan Kemdikbud pada UB untuk menerima mahasiswa KIP sebanyak 1897 mahasiswa.

Kemendikbud mengubah skema KIP Kuliah dengan memberikan bantuan biaya pendidikan (uang kuliah) dan biaya hidup yang jauh lebih tinggi. Perubahan ini berlaku untuk mahasiswa baru yang menerima KIP Kuliah pada tahun 2021. KIP Kuliah akan diberikan kepada 200 ribu mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan Kemendikbud.

Adapun biaya pendidikan akan disesuaikan dengan prodi masing-masing. Untuk prodi berakreditasi A, mahasiswa penerima KIP Kuliah ini akan bisa mendapatkan maksimal Rp 12 juta. Kemudian, prodi berakreditasi B bisa mendapatkan maksimal Rp 4 juta. Sementara itu, prodi berakreditasi C bisa mendapatkan maksimal Rp 2,4 juta.

Kemudian, biaya hidup bagi penerima KIP Kuliah Tahun 2021 disesuaikan dengan indeks harga daerah. Besaran biaya hidup yang diterima mahasiswa pemegang KIP Kuliah Merdeka ini dibagi ke dalam lima klaster daerah. Klaster pertama sebesar Rp 800.000, klaster kedua sebesar Rp 950.000, klaster ketiga sebesar Rp 1,1 juta. “Sedangkan untuk klaster keempat sebesar Rp 1.250.000, dan klaster kelima sebesar Rp 1,4 juta,” jelas Mendikbud.

“Kini, siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu dapat lebih merdeka dalam memilih prodi terbaik dari kampus-kampus terbaik,” disampaikan Mendikbud Nadiem dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode Kesembilan KIP Kuliah Merdeka.

Nadiem mengajak siswa berprestasi yang mengalami kendala pembiayaan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi untuk memanfaatkan KIP Kuliah Merdeka yang disediakan pemerintah.

Ada beberapa kesempatan untuk mendaftarkan diri sebagai penerima KIP Kuliah Merdeka, jelas Nadiem. Di antaranya melalui jalur seleksi UTBK-SBMPTN. Kemudian, bagi siswa kurang mampu yang tidak lolos SNMPTN dan SBMPTN masih bisa mendaftar KIP Kuliah melalui jalur seleksi mandiri PTN yaitu pada bulan Agustus – Oktober 2021, tergantung jadwal seleksi mandiri di setiap PTN. Ataupun melalui seleksi masuk PTS, bagi siswa kurang mampu yang  berminat masuk ke PTS, “Anda dapat mendaftar KIP Kuliah kapan saja hingga masa pendaftaran PTS selesai,” kata Nadiem.

“Informasi dan pendaftaran KIP Kuliah bagi calon mahasiswa baru tahun 2021 dapat ditemukan pada kip-kuliah.kemdikbud.go.id,” imbuhnya. (div/mad)