TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Tim Basarnas Surabaya berangkat mencari korban longsor.

Terkendala Medan, BASARNAS Belum Temukan Korban Longsor

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Upaya Tim BASARNAS Surabaya mencari Roland Suharna (40), warga Perumahan Sulfat Inside, Jl. Sadang, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur yang dikabarkan menjadi korban longsor dan terseret arus Sungai Bango, hingga Selasa (19/01/2021) siang, belum juga ditemukan.

 

Tim Basarnas Surabaya berangkat mencari korban longsor.

 

SULITNYA medan dan derasnya air sungai, menjadi salah satu kendala pencarian korban longsor yang terjadi Senin (18/01/2021). Selain itu, sejumlah tanaman bambu  (barongan) yang ada di pinggir Sungai Bango, juga ikut menghambat proses pencarian. Akibatnya, hingga Selasa siang pencarian masih nihil.

Koordinator Lapangan Tim Basarnas Surabaya, Ainul Makhdi.

Hal itu disampaikan Koordinator Lapangan Tim Basarnas, Surabaya, Ainul Makhdi. Ia menerangkan, dalam pencarian tersebut, ia membagi 4 SRU (Search and Rescue Unit). Masing- masing beranggotakan 8 orang. Total personil 50 orang, terdiri dari berbagai tim, termasuk 5 orang dari Basarnas. “Salah satu kendala, medannya  cukup sulit. Arus air juga deras,” terangnya di lokasi kejadian.

Untuk itu, lanjutnya, personil dibagi 4 SRU. Masing- masing SRU dengan jarak dan lokasi yang berbeda. SRU pertama, dari TKP dengan radius sekitar 1 kilometer. SRU selanjutnya memulai dari titik akhir SRU sebelumnya.

“Untuk SRU 1 sampai Bunul,  radius 1 kilometer. SRU 2 sampai Muharto radius 3,5 kilometer. SRU 3 sampai Gadang radius 3,5 kilometer,  dan SRU 4 sampai dengan Lowokdoro radius 3,5 kilometer,” jelas Koordinator Lapangan  Tim Basarnas,  Surabaya, Ainul Makhdi.

Namun, hingga hari kedua pencarian, hasilnya masih nihil. Pencarian akan terus dilakukan sesuai ketentuan,  yakni 7 hari.

Ainul Makhdi menerangkan, Roland Suharna (40), warga Perumahan Sulfat Inside. Jl. Sadang, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, yang sedang membersihkan gorong-gorong kolam, tiba-tiba tanah bergerak dan longsor. Korban bersama 2 unit sepeda yang berada di dekatnya, ikut terbawa longsor.

Sebelumnya, Roland Suharna (40), warga perumahan Sulfat Inside. Jl. Sadang, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang dikabarkan menjadi korban longsor di sekitar rumahnya.

“Jarak ketinggian dari sungai ke atas sekitar 20 meteran.  Dua  unit motor jatuh duluan. Korban yang sedang bersih- bersih, mencoba meraih motor. Akhirnya, terbawa longsor,” ujar Ainul. (aji/mat)