PMI Semprotkan Disinfektan di Pesantren dan Tempat Wisata

Relawan PMI Kabupaten Malang menyemprotkan disinfektan di lingkungan Taman Wisata Air Wendit, di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM Sejak Selasa (17/03/2020) hingga Sabtu (21/03/2020) siang, sejumlah relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, Jawa Timur, terus melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat umum, seperti stadion,  kantor kecamatan, tempat wisata, hingga lingkungan pondok pesantren. Ini dilakukan menyusul merebaknya Virus Corona atau Corona Virus Disease 2019 (COVID 19) di Kabupaten Malang.

 

 

“BENAR, dalam rangka percepatan penanggulangan dan mencegah penyebaran Virus Corona atau Corona Virus Disease 2019 (COVID 19), PMI  Kabupaten Malang melakukan beberapa upaya. Di antaranya, sosialisasi kepada masyarakat,  penyemprotan (spraying) disinfektan dengan sasaran kantor-kantor, tempat ibadah. Penyemprotan sudah dilakukan sejak Selasa (17/03/2020) lalu sampai hari ini. Setiap hari kami bisa melakukan penyemprotan  di sepuluh titik. Alhamdulillah pelaksanaan berjalan lancar,” kata Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprillianto.

Relawan PMI Kabupaten Malang menyemprotkan disinfektan di lingkungan Pasar Sayur Karangploso.

Seperti Sabtu siang, relawan PMI melakukan penyemprotan di Pondok Pesantren Salafiyah Darunnajah di Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Sejumlah titik di lingkungan pondok pesantren, tak luput dari semprotan cairan pembunuh kuman tersebut.

Pada hari yang sama juga dilakukan penyemprotan di Balai Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Taman Wisata Air Wendit di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Pasar Sayur Karangploso, kantor kecamatan,  Kantor Dinas Pertanahan, serta Kantor Badan Kepegawaian  dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang berada di lingkungan Pendopo Kabupaten Malang, Jl. KH Agus Salim, Kota Malang.

Relawan PMI Kabupaten Malang menyemprotkan disinfektan di lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Darunnajah di Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso.

Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Penanggulangan Bencana (PB) PMI Kabupaten Malang, Muji Utomo, menjelaskan, sebelumnya, penyemprotan dilakukan di beberapa fasilitas umum, seperti Stadion Kanjuruhan di Kepanjen, Kantor Bupati Malang di Kepanjen, serta Kantor Dinas Perhubungan di Desa Talangagung, Kecamatan Kepanjen.

“Pada Jumat (19/03/2020) siang, relawan PMI juga melakukan penyemprotan di Kantor Kecamatan Jabung, Tajinan, dan di beberapa titik lainnya. Sebelumnya, memang ada permintaan penyemprotan disinfektan ke PMI,” ujar Muji Utomo.

Hal ini dibenarkan Camat Jabung, Hadi Sucipto. Menurutnya, beberapa waktu lalu, pihaknya sudah  berkirim ke surat ke PMI Kabupaten Malang, minta supaya diadakan penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor kecamatan.  “Ternyata baru bisa dilakukan hari ini, Jumat (19/03/2020). Ini  sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di Kecamatan Jabung. Upaya lainnya, kami sudah sediakan tempat cuci tangan sebelum masuk kantor bagi semua karyawan dan tamu,” ujarnya. (bri/mat)