Pendidikan Harus Tetap Berjalan

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020, dihadapkan pada musibah pandemi Covid-19. Namun demikian harus tetap menjiwai benak perangkat pendidikan agar upaya mencerdaskan anak bangsa dapat berjalan dengan baik.

 

 

Suryadi, anggota Komisi D DPRD Kota Malang.

“ANAK BANGSA menjadi generasi penerus Indonesia yang lebih baik dan berkarya. Masa depannya masih menjadi rahasia dan teka teki. Akan tetapi, cerminan aktivitas yang dilakukan masa kini, menjadi tangga menuju puncak masa depan,” terang Suryadi, anggota Komisi D DPRD Kota Malang, Jawa Timur menanggapi kondisi pendidikan akhir- akhir ini.

Suryadi pun berharap, semoga pendidikan bukan sekedar memberikan jantung Ilmu pengetahuan, melainkan mengasah afeksi moral, sehingga menghasilkan karya nyata bagi kepentingan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat.

“Saya mengutip pernyataan Nelson Mandela, bahwa  pendidikan merupakan senjata paling ampuh. Dapat digunakan untuk mengubah dunia. Saya juga teringat pendapat Malcolm X, bahwa pendidikan merupakan paspor untuk masa depan. Karenanya,  hari esok, merupakan milik orang-orang yang mempersiapkan diri pada hari ini,” lanjut Sekretaris Fraksi Golkar ini.

Yang tak kalah penting, dalam proses pembelajaran, tidak hanya fokus pada obyek yang dipelajari, tetapi setiap pendidik dan pembelajar, bagaimana bisa konsentrasi pada berpikir dan berperilaku terhadap yang dipelajarinya. Dengan demikian terbentuk pola pikir yang unggul untuk  menghadapi kerumitan yang muncul di masa mendatang. Seperti hadirnya pandemi Covid-19, menjadi bekal dan kekuatan penting bagi setiap individu. (ide/mat)