Pelintasan Rel KA Karanglo Diperbaiki, Ini Jalan Alternatifnya

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Perbaikan rel kereta api di kawasan Karanglo, Kecamatan Singosari,  Kabupaten Malang, Jawa Timur (arah Kota Batu), yang dilakukan mulai Jumat (24/07/2020) hingga Minggu (26/07/2020) membuat arus lalulintas dari Karanglo ke Batu dan sebaliknya, sedikit terganggu. Untuk menghindari kemacetan, Satlantas Polres Malang melakukan rekayasa lalu lintas.

 

 

Ini jalan alternatif menghindari macet akibat perbaikan rel kereta api Karanglo, Singosari, Malang, Jawa Timur.

KANIT Turjawali Satlantas Polres Malang, Ipda Ahmad Taufik, menjelaskan, rekayasa lalulintas perlu disampaikan kepada pengguna jalan yang akan melintas di  Jl. Perusahaan, Karanglo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. “Mulai (24/07/2020) hingga Minggu (26/07/2020) dilaksanakan pengerjaan perbaikan rel KA di perlintasan KA Karanglo. Karena itu  jalur akan dilaksanakan buka tutup,” katanya.

Kepada para pengguna jalan yang akan melintas di kawasan tersebut, disarankan untuk mencari jalan alternatif. Misalnya, dari arah Batu menuju Surabaya agar lurus ke arah Dinoyo – Kota Malang (bukan jalur Karangploso). Dari arah Surabaya (Tol Mapan) menuju  Batu agar belok kiri ke arah Kota Malang. Dari Singosari ke arah Batu agar lurus ke arah Kota Malang (atau mencari jalur alternatif lainnya).

Pengguna jalan dari arah Malang, dihimbau untuk putar balik di U Turn Persada Bhayangkara. Sedangkan dari arah Surabaya, putar balik di utara rel kereta api Singosari. “Sedangkan untuk opsi alternatif kedua, pengguna jalan dari arah utara bisa melewati jalur Garuda ke kiri, lanjut ke Simpang Tiga Kebonagung, lalu  ke selatan, keluar di Pos  PJR atau setelah rel kereta api,” ungkapnya.

Opsi ketiga, pengguna jalan dari arah selatan atau dari Malang, bisa melewati jalur alternatif depan kampus ITN 2, tembus Jl. Tumapel atau  langsung tembus ke Songsong,  Singosari. “Kami tekankan, jalur alternatif itu khusus kendaraan roda empat kecil dan roda dua. Untuk truk gandeng, kontainer, atau fuso wajib berhenti,” tegas Taufik.

Bagi kendaraan besar, seperti truk maupun kontainer yang tidak bisa melintas di area perbaikan rel kereta api maupun jalur alternatif, akan diarahkan menuju jalan tol Pandaan-Malang. (div/mat)