TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Mahasiswa UM dan masyarakat Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Mahasiswa UM Latih Warga Gajahrejo Gunakan Alat Asap Ikan

MALANG,  TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, memberikan pelatihan cara menggunakan alat bantu pengasapan ikan. Sebab, masyarakat hanya dibantu alat, tapi tidak diajari cara menggunakan, sehingga hasilnya tak maksimal.

 

Salah satu sudut pantai di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

 

KEPALA DESA Gajahrejo, Sisawoyo, mengatakan,  Pemerintah Kabupaten Malang pernah  memberikan alat bantu pengasapan ikan kepada masyarakat Desa Gajahrejo. Tujuannya, untuk edukasi sekaligus menambah perekonomian masyarakat. “Namun pemberian alat tersebut tidak dibarengi dengan pelatihan pengoperasian alat, sehingga saat warga mencoba alat pengasapan ikan, hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang diinginkan,” katanya, belum lama ini.

Mahasiswa UM dan masyarakat Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Mengetahui informasi tersebut, Tim KKN UNiversitas Negeri Malang (UM) Gajahrejo, berinisiatif memberikan pelatihan alat pengasapan ikan. Tujuannya, agar masyarakat tahu mengenai alat pengasapan ikan, dan tahu cara menggunakannya dengan benar. Selain itu diharapkan mampu menambah perekonomian desa.

Kegiatan ini diselenggarakan di Balai Desa Gajahrejo, dihadirikelompok ibu-ibu PKK, KOPWAN, dan POKJA. Kegiatan pengenalan alat pengasapan ikan mendapat respon positif warga.

Salah satu peserta, Rumini merasa senang mengikuti pelatihan. “Berhubung kita semua tidak tahu  cara menggunakan alat pengasapan ikan, jadi saya merasa senang ikut pelatihan ini. Dengan mengikuti pelatihan ini, saya menjadi tahu  cara menggunakannya,” jelas Rumini.

Salah satu sudut pantai di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Selain memperkenalkan perangkat alat pengasapan ikan, mahasiswa KKN UM juga membuatkan video pengenalan alat pengasapan ikan beserta proses masaknya agar video tersebut dapat ditonton dengan cakupan yang lebih luas. Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang juga memberikan video tersebut kepada pemerintah  desa. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memproduksi ikan asap untuk meningkatkan  perekonomian desa.

Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang memiliki beberapa produk unggulan, di antarannya  kelapa, kopi, dan pisang. Selain itu hasil lautnya juga cukup banyak, karena desa ini memiliki pantai yang cukup luas. Di antaranya, Pantai Bajulmati, Pantai Ungapan, Pantai Jolangkung, Pantai Parangdowo, dan Pantai Batu Bengkung.

Melihat potensi hasil laut yang ada di Desa Gajahrejo cukup banyak, Pemerintah Kabupaten Malang memberikan alat bantu pengasapan ikan kepada pihak Desa Gajahrejo. Pemberian alat pengasapan ikan tersebut bertujuan untuk edukasi dan menambah  perekonomian desa. (div/mat)