KKN Unida Kembangkan Potensi Daerah

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Mahasiswa Universitas Wisnuwardhana (Unida) Malang, mempromosikan potensi wisata alam di beberapa lokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur dengan cara membuat website Coban Jahe saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2018, di Kawasan Jabung dan Coban Serngege di kawasan Ampelgading.

 

Para dosen pendamping KKN Unida Malang, Roy Anugerah, SE, Mbus, M. Wahid Cahyono, SH, MH.

SELAIN mempromosikan wisata, KKN di kawasan Jabung juga membantu masyarakat setempat dalam mengembangkan home industri kripik singkong.

“Di daerah tempat KKN, banyak home industri keripik singkong. Bahan baku cukup banyak, para mahasiswa membantu dalam pengepakan dengan berbagai kemasan dan ukuran,” tutur Roy Anugrah, dosen pembimbing, saat ditemui Jumat (27/07/2018).

Ia melanjutkan, sebelumnya, model pengepakan hanya menggunakan tali, dilakukan secara manual. Namun, dengan kedatangan mahasiswa KKN, kemasan dikembangkan dengan cara dipres, dengan beraneka ukuran, sehingga harga bervariasi dan terjangkau.

“Untuk pemasaran, dulunya hanya dalam porsi besar dan masuk ke pabrik, dengan cara setor bahan baku setengah jadi. Sekarang, setor dalam bentuk  packaging kecil yang mendatangkan untung lebih, ” pungkasnya.

Kegiatan KKN Unida, turut mendapatkan dukungan dari aparat desa. Bahkan, mengharapkan kegiatan serupa bisa dilakukan di tahun berikutnya. Mengingat, bisa meningkatkan objek wisata dan potensi-potensi daerah.  (ide)