Gudang Oven Kayu Terbakar, Kerugian Rp 700 Juta

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Gudang untuk mengoven kayu milik Abdul Kodim (56), warga Dusun Sumberawan RT 10/RW 04, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terbakar, Kamis (07/11/2019) malam, sekitar pukul 18.20 WIB. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun pemilik mengalami kerugian sekitar Rp 700 juta.

 

Api membakar gudang untuk mengoven kayu milik Abdul Kodim (56), warga Dusun Sumberawan RT 10/RW 04, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

 

Petugas PMK memadamkam api yang membakar gudang untuk mengoven kayu milik Abdul Kodim (56), warga Dusun Sumberawan RT 10/RW 04, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

KEPALA Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto menjelaskan, pada Kamis malam, sekitar pukul 19.00 WIB, petugas  pemadam kebakaran (PMK) yang sedang berjaga, menerima telepon dari Widyah, warga Dusun Sumberawan, Desa Toyomarto.

“Dia melaporkan,  telah terjadi kebakaran bangunan oven kayu  milik Abdul Kodim di dusun setempat. Setelah mendapat laporan itu, Tim PMK, yang dipimpin Agus Sumaryono sebagai Komandan Regu 3, langsung meluncur ke lokasi kebakaran dengan membawa 3 unit mobil pemadam kebakaran (damkar),” kata Goly Karyanto, Jumat (08/11/2019) di kantornya.

Karena api yang melahap bangunan dengan ukuran 100 m2 tersebut cukup besar, PMK Kabupaten Malang minta bantuan satu unit damkar dari Kota Malang. “Butuh waktu lama untuk memadamkan api, karena bahan yang terbakar adalah bahan-bahan yang memang sangat mudah terbakar. Rata-rata yang terbakar adalah kayu yang sudah kering,” kata Goly Karyanto.

Karena itu, masih kata Goly, butuh waktu lama untuk memadamkan api. Sekitar pukul 05.15 WIB baru api bisa dijinakan oleh petiugas.  “Sejauh ini kami belum tahu apa penyebab kebakaran, karena masih dalam penyelidikan. Yang jelas tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp 700 juta,” jelasnya. (bri/mat)