Dorong Masyarakat Lebih Suka Makan Ikan

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Bupati Malang, Jawa Timur, Dr. H. Rendra Kresna dan Ketua PKK Kabupaten Malang, Hj. Jajuk Rendra Kresna terus mendukung program Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) di wilayah Kabupaten Malang. Sebab, di dalam ikan, banyak kandungan gizi yang sangat baik bagi perkembangan anak-anak.

 

Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna meninjau hasil olahan para chef di Pantai Nganteb, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

 

”MARI KITA TERUS meningkatkan kegemaran makan ikan, karena di dalam ikan banyak mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Terutama bagi bagi tubuh anak-anak agar tumbuh sehat, salah satunya mencegah stunting,” kata Bupati Malang saat menyaksikan sosialisasi Gemarikan yang diselenggarakan Dinas Perikanan Kabupaten Malang pada rangkaian Malang Beach Festival 2 di Pantai Nganteb, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Minggu (16/09/2018) siang.

Pemerintah Kabupaten Malang mencatat, tingkat konsumsi makan ikan di Kabupaten Malang sekitar 26,7 kg/kapita/tahun. Tingkat konsumsi makan ikan Provinsi Jawa Timur sebesar 33 kg/kapita/tahun. Sedangkan  nasional mencapai 47 kg/kapita/tahun.

Untuk mendongkrak agar tingkat konsumsi makan ikan masyarakat meningkat, Pemerintah Kabupaten Malang terus melakukan berbagai cara. Di antaranya,  mengadakan sosialisasi Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) dengan sasaran murid PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan demo olahan berbahan dasar ikan oleh chef profesional dengan sasaran ibu-ibu PKK, wali murid PAUD, Poklahsar dan masyarakat sekitar di Pantai Nganteb. Sebanyak 11 chef profesional asal ICA Malang dihadirkan untuk demo mengolah makanan berbahan ikan.

”Pemerintah Kabupaten Malang terus mendorong peningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat dan pentingnya makan ikan bagi kesehatan dan pemenuhan gizi keluarga yang higine dan murah serta cara pengolahan ikan yang baik, enak dan menarik, sehingga disukai anak-anak. Sehingga ke depannya, mereka terbiasa mengkonsumsi ikan,” kata Rendra Kresna. (mat)