Dijatah Hanya 4.300, Yang daftar SNMPTN di UB Sudah 30.360 Siswa

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Jumlah siswa yang mengikuti jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, cukup banyak. Hingga Kamis (27/2/2020) lalu, total pendaftar mencapai 30.360 orang. Sedangkan kuota penerimaan jalur SNMPTN sebanyak 30 persen atau 4.300 orang dari kuota keseluruhan 14.310 orang.

 

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof.Dr.Aulanni’am, drh dan para pakar.

 

“JUMLAH siswa yang lolos pada SNMPTN, langsung  diseleksi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Seleksi itu berdasarkan urutan nilai dari masing-masing siswa di seluruh SMA di Indonesia,” terang Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Aulanni’am, drh, dalam Bincang Santai (BONSAI) bersama pakar UB, Sabtu (29/02/2020).

Prof. Aul, sapaan Aulia Ni’am menambahkan, untuk kuota SBMPTN, sebanyak 40 % atau sekitar 5.724 orang. Tahun ini, UB menyiapkan 2.000 komputer dan 170 komputer cadangan  untuk mengantisipasi jika pada saat pelaksanaan ujian terdapat kendala.

Sementara itu, Heri Prawoto Widodo, S.Sos, Kepala Bagian Akademik UB mengatakan UTBK, akan dilaksanakan selama satu minggu,  terhitung mulai 20 – 26 April 2020, dengan pembagian minat soshum, saintek, dan gabungan.

“UTBK terbagi 2 sesi setiap harinya. Sudah dilakukan koordinasi dengan seluruh fakultas di lingkungan UB untuk antisipasi. Sehingga, tanggal 2 Maret 2020, semua sudah siap. Diharapkan, tidak ada pergantian tempat dan komputer saat  UTBK,” jelas Widodo.

Widodo menghimbau calon pendaftar SNMPTN bisa segera mendaftarkan diri agar bisa mendapat lokasi tes terdekat. “Siswa yang daftar SNMPTN dengan peluang kurang, bisa daftar UTBK. Karena jika menunggu, tidak bisa dapat tempat tes terdekat, sehingga harus keluar kota,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk seleksi mandiri, UB menetapkan kuota sebanyak 30% atau sekitar 4.286 orang. (ide/mat)