Bersih Desa, Plt Bupati Malang Ajak Masyarakat Tirtoyudo Optimalkan Potensi Desa

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Desa Pujiharjo Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang mempunyai potensi yang melimpah dan jika optimal dikelola maka akan bisa meningkatkan kesejahteraan warganya. Hal tersebut disampaikan Sanusi Plt. Bupati Malang dalam acara bersih desa di desa Pujiharjo Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang, Selasa, (16/7/2019). 

 

DIKATAKANNYA, desa Pujiharjo memiliki potensi yang melimpah, jika anugerah Allah SWT tersebut dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, tentu kesejahteraan masyarakat yang diimpikan bersama akan Terwujud. Pemerintah Kabupaten Malang menggelar kegiatan Bersih Desa di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo dalam rangka memperingat Hari Jadi ke-87.

Kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini memang sudah menjadi tradisi turun-temurun sebagai wujud ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan dijauhkan dari segala macam bencana dan musibah. Plt. Bupati Malang, HM Sanusi MM, hadir beserta istri dan beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Sanusi menyambut baik dan mengapresiasi usaha serta kerja keras seluruh warga, hingga dapat menggelar acara Bersih Desa Pujiharjo itu.

“Semoga melalui pelaksanaan kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi diantara kita semua, dan untuk menghilangkan jarak antara pemerintah dengan rakyat, sehingga hubungan yang sudah terjalin dapat menjadi modal yang baik dalam kerjasama demi masa depan Desa Pujiharjo,” katanya.

Kegiatan seperti ini selalu menarik untuk diikuti, karena setiap desa mempunyai riwayat babad sejarah yang menarik.

Kegiatan bersih desa ini diharapkan tidak sekedar menjadi rutinitas tahunan dan hanya bermakna menggugurkan kewajiban adat semata, namun justru harus dijadikan penggugah untuk melakukan evaluasi dan introspeksi terhadap kinerja pembangunan desa selama ini.

Sebagaimana diketahui komitmen pemerintah pusat membangun Indonesia dari pinggiran, dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Pemerintah Kabupaten Malang memiliki komitmen yang sama atas pembangunan berbasis desa salah satu contoh adalah adanya program Gerakan Membangun Desa (Gema Desa) yang dilakukan tiap bulan.

“Semua itu dilakukan demi mewujudkan komitmen Pemerintah Kabupaten Malang, terhadap berbagai program pemberdayaan masyarakat dengan harapan kita mengalami berbagai kemajuan,” ujar Sanusi.

Lanjutnya, apabila semangat kebersamaan dan kerja keras tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang, cita-cita mewujudkan Kabupaten Malang sesuai dengan visi Madep Manteb Manetep benar-benar akan dapat terwujud.

Plt. Bupati meminta agar supaya warga Desa Pujiharjo ini untuk tetap menjaga kerukunan, kekompakan yang telah sekian lama terjalin diantara satu dan yang lainnya, sehingga apa yang menjadi cita-cita bersama dapat terwujud.

Acara bersih desa tersebut diawali dengan arak-arakan encek-encek atau makanan mulai nasi dan lauk pauk, yang diletakkan di sebuah tempat serta hasil bumi desa tersebut. Sanusi ikut membaur bersama masyarakat, menikmati encek-encek atau aneka jenis makanan yang telah disediakan. (hadi)