Tingkatkan Kemampuan, Prajurit Dislambair Gelar Binlat K-2

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Komando Armada (Koarmada) II, menggelar pembinaan latihan (Binlat) K-2 yang berlangsung selama 5 hari, sejak 8 – 12 Juni 2020. Kegiatan ini dalam upaya meningkatkan profesionalitas para prajurit seiring tuntutan tugas yang semakin kompleks.

 

Para prajurit Koarmada II saat ikuti latihan berenang di Selat Madura.

 

PEMBINAAN tersebut berlangsung di lapangan tembak lama dan perairan Selat Madura. Para prajurit mengawali materi latihan dengan lari sejauh 3.000 meter, dan renang tanpa alat sejauh 1.000 meter. Dilanjutkan latihan pengenalan bahan peledak dan rangkaian elektronika demolisi. Mereka dilatih dua orang instruktur dari Labinsen Dislitbangal Mabesal.

Saat latihan demolisi, peserta latihan dibagi menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok melaksanakan serangkaian peledakan dengan sistem paralel dan seri, dilanjutkan dengan peledakan pipa dan plat menggunakan TNT (Tri Nitro Toluena).

“Diharapkan dengan latihan ini, personel Dislambair dapat melaksanakan tugasnya sebagai underwater demolition diver di medan penugasan,” jelas Kadislambair, Kolonel Laut (T) Eduard Simbolon, didampingi Dandenlat, Kapten Laut (KH) Yopi Halim, Minggu (14/06/2020) siang.

Sementara itu,  masih dalam upaya mencegah meluasnya penyebaran COVID-19, selama pelaksanaan latihan,  seluruh perangkat latihan wajib menerapkan protokol kesehatan serta keselamatan dan keamanan personel maupun material. (ang/mat)