ITS Luncurkan Mobil Balap Listrik Formula 1

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan mobil listrik baru yakni mobil listrik formula yang diberinama Anargya EV Mark 1.0. Mobil ini menggunakan teknologi baterai Lithium Polimer berkapasitas 304 Volt dengan daya 72 KWH. Mobil ini mampu melaju dengan kecepatan 100 kilometer perjam.

 

Rektor ITS Mochamad Ashari Membuka Peluncuran Mobil Listrik Formula 1.

 

MOBIL LISTRIK Formula Anargya EV Mark 1.0 yang mirip dengan mobil balap Formula 1 ini, diluncurkan langsung Rektor ITS Surabaya Mochamad Ashari di Gedung Rektorat ITS Surabaya, Kamis Sore. Mobil listrik Formula Anargya EV Mark 1.0 merupakan mobil formula listrik pertama yang diproduksi Tim Anargya ITS. Body dari mobil ini mengusung konsep menyerupai mobil balap Formula 1. Kemampuan baterai dapat bertahan selama 30 menit saat balapan berjalan. Mobil listrik formula yang akan mengikuti kejuaraan di jepang ini mampu melaju dengan kecepatan 100 kilometer perjam. Akselerasi yang didapat juga cukup tinggi. Mobil ini mampu menempuh jarak sejauh 75 meter hanya dalam waktu 5 detik.

Mobil yang desain, manufaktur hingga assembly dilakukan sendiri oleh Tim Anargya terbilang istimewa. Dimana untuk body mobil antara frame dan bodinya dibuat menyatu dengan menggunakan bahan serat karbon. Sementara motor penggerak listrik dan sistem kontrolnya, baik perangkat keras maupun lunak merupakan hasil riset langsung dari ITS.

“Ini adalah mobil formula elektrik hasil karya teman-teman mahasiswa ITS. Dimana mobil ini akan mengikuti kejuaraan di Jepang. Dan kita baru dua kali ikut,” terang Rektor ITS Mochammad Ashari. “Kejuaraan ini setengah jam lamanya maka kita buat baterainya bisa bertahan selama itu. Supaya bodinya jadi ringan,” imbuh Ketua Peneliti Formula Anargya, Alief wilarta.

Mobil listrik Formula ini juga dijadwalkan akan mengikuti kejuaraan Student Formula Japan pada akhir bulan Agustus ini. Kejuaraan ini sendiri diikuti peserta dari berbagai negara diantaranya India, Jepang, Taiwan dan Thailand. (ang)