Jelang Puasa, Stok Darah di PMI Aman

Petugas PMI Kabupaten Malang menunjukkan stok darah yang tersedia di UTD PMI Kepanjen, Jawa Timur.

MALANG, TABLOID JAWA TIMUR.COM – Menjelang puasa Ramadhan 1439 H, stok darah di PMI Kabupaten Malang, Jawa Timur,  dalam kondisi aman. Dari 1.352 labu darah yang tersedia, golongan darah A  ada 275 labu, darah B 488 labu, AB sebanyak 68 labu, dan darah  O ada 521 labu.

 

“STOK DARAH sampai hari ini bisa dikatakan masih mencukupi, walaupun nantinya bisa fluktuatif. Total per hari ini ada 1.352 kantong darah,” kata Kepala Bagian Mutu UTD PMI Kabupaten Malang, dr. Bima Arya Teja sewaktu ditemui di kantornya, Unit Pelayanan Tranfusi Darah PMI Kabupaten Malang, Senin (14/05/2018).

Dia merinci, dari 1.352 labu darah yang ada di UTD PMI, terbagi menjadi 4 golongan darah. Golongan darah A sebanyak 275 labu, golongan darah B 488 labu, AB 68 labu, serta darah O sebanyak 521 labu.

Bima menjamin stok darah di UTD PMI Kabupaten Malang saat ini i aman. Artinya, masyarakat tidak perlu risau kekurangan darah di bulan puasa.

Dari empat golongan darah, AB yang susah didapat. Penyebabnya, karena memang orang yang memiliki golongan darah AB langka. “Tapi yang membutuhkan juga sedikit, karena memang orang yang memiliki golongan darah AB ini tidak banyak,” ujar Bima.

Pada bulan puasa nanti, diprediksi jumlah pendonor akan berkurang. Karena, selain bulan puasa, juga berbarengan dengan musim liburan sekolah. Karena sebagian pendonor aktif adalah para siswa SMA.

Menyikapi hal tersebut,  UTD PMI Kabupaten  Malang telah mempersiapkan beberapa strategi. Misalnya, sebelum musim libur tiba, UTD PMI telah melakukan kegiatan donor darah di sekolah-sekolah, sehingga pasokan darah tercukupi. Kemudian,  selama bulan puasa,  UTD PMI akan tetap melakukan  donor darah seperti biasa. Hanya jam pelaksanaan yang mengalami perubahan.

“Bulan puasa tetap kita akan melakukan kegiatan donor darah. Jamnya saja yang berubah, yakni sehabis buka puasa. Bagi pendonor yang sudah rutin, meskipun puasa,  biasanya tetap melakukan donor,” papar Bima.
Bagi pendonor suka rela yang melakukan donor darah di kantor UTD PMI Kabupaten  Malang, Jalan Panji, Kepanjen, pendonor akan mendapat souvenir. “Hal tersebut untuk menarik keinginan masyarakat agar mau melakukan donor darah,” papar Bima.

Selain di UTD PMI Kepanjen, masyarakat juga bisa melakukan donor langsung di UTD PMI Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang  atau di mobil UTD PMI. Bahkan untuk melayani kegiatan sosial donor darah, PMI juga menerima request kegiatan donor darah, baik dari instansi pemerintah maupun swasta. “Tapi batas minimal pendonor 30 orang,  dan disediakan tempatnya untuk melakukan kegiatan donor darah. Jika ada request, kami pasti akan datang,” jamin Bima.

Nantinya, kantong-kantong darah yang memenuhi standar kesehatan dan telah diproses di UTD PMI, akan didistribusikan ke sejumlah rumah sakit. “Bahkan kadang distribusikan ke Blitar, tergantung mana yang membutuhkan dan urgen,” katanya.  (diy)