Biar Berkualitas, 100 Pengawas Jalan Jalani Pelatihan

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitas sumber daya manusia, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang, Jawa Timur, memberikan bimbingan teknis (Bintek) kepada pengawas jalan, Senin (08/04/2019) di kantor setempat.

 

 

Peserta bimtek pengawas jalan mengikuti kegiatan yang dilakukan DPUBM Kabupaten Malang.

BERBEDA dengan dinas lainnya, para staff, utamanya para pengawas jalan di DPUM, harus mengetahui keterampilan teknis kebinamargaan. “Bintek yang kita lakukan ini sebenarnya agenda rutin tahunan. Pada dasarnya ini adalah kebutuhan kita untuk peningkatan kualitas SDM, khususnya para pengawas jalan,” terang Kepala Dinas PUBM Kabupaten Malang, Ir. Romdhoni.

Kepala Dinas PUBM Kabupaten Malang, Ir. Romdhoni.
memberikan arahan kepada peserta bimtek.

Bintek untuk para pengawas jalan, menurut Romdhoni, selain penyegaran keilmuan kebinamargaan, para pengawas jalan yang nantinya akan bertugas mengawasi pembangunan insfrastruktur jalan, juga mendapat bekal ilmu praktis untuk penerapan di lapangan.

“Secara teori memang bisa dipelajari lewat textbook, namun demikian perlu tambahan pengenalan lapangan, bagaimana nanti para pengawas jalan bisa mengetahui jenis material yang digunakan dan mengerti perbedaanya. Paham bagaimana standar mutu material untuk jalan, mana yang memenuhi dan mana yang tidak,” jelas Romdhoni.

Untuk itu, bintek yang diikuti 100 pengawas jalan ini akan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama,  pemaparan teori di dalam ruangan, yang pelaksanaannya Senin (08/04/2019). Sesi kedua, Selasa (09/04/2019) akan dilakukan pengenalan material di workshop DPUBM dan peninjauan lapangan.

“Pemateri dalam sesi teori, kami mendatangkan narasumber dari provinsi, baru  dilanjutkan pengenalan material,” pungkasnya.

Lewat bintek ini, diharapkan para pengawas jalan, ketika melaksanakan tugasnya di lapangan, benar-benar mengetahui mana baku mutu material untuk insfrastruktur jalan yang sesuai dengan standar yang ada. Dengan begitu proses pembangunan insfrastruktur jalan di Kabupaten  Malang, mutu dan kualitasnya akan sesuai dengan yang ditetapkan. (diy)