13 April 2024

`

Wisuda 870 Mahasiswa, Ini Pesan WR 1 Unisma

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebanyak 870 wisudawan Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur, terdiri dari program Doktor, Magister, Profesi, dan Sarjana, mengikuti wisuda, Kamis (15/06/2023) pagi di Gedung KH Tholchah Hasan.

 

Pimpinan Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur, bersama para wisudawan, Kamis (15/06/2023) pagi di Gedung KH Tholchah Hasan.

 

WAKIL Rektor 1 Unisma, Prof. Junaidi Mistar, PhD, menjelaskan, wisuda saat ini tidak lagi berbasis semester, tapi digelar sebanyak tiga kali dalam satu tahun.  Karena itu dia mendorong mahasiswa untuk lulus tepat waktu, 8 semester atau bahkan kurang. “Ketika ada mahasiswa yang diketahui molor dalam mengerjakan tugas akhir, maka kami akan mengumpulkan para dosen untuk melakukan evaluasi,” tuturnya.

Sebanyak 870 wisudawan Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur, terdiri dari program Doktor, Magister, Profesi, dan Sarjana, mengikuti wisuda, Kamis (15/06/2023) pagi di Gedung KH Tholchah Hasan.

Junaidi Mistar berharap, para wisudawan ini dapat mengamalkan ilmu dan menjaga nama baik Unisma. “Insyaallah dengan pembekalan sisi akademik, personality, hingga sisi keagamaannya, mereka akan diterima dengan baik di masyarakat,” imbuhnya.

Dia juga berpesan agar lulusan terus meningkatkan profesionalitas sesuai bidang keilmuan masing-masing. Dia berharap agar proses belajar mahasiswa tidak terhenti usai lulus, namun terus didorong dengan konsep long life education.

Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri Bakri, MS, bersama salah seorang wisudawan, Kamis (15/06/2023) pagi di Gedung KH Tholchah Hasan.

Sementara itu, Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri Bakri, MS, berharap para wisudawan bisa menjadi orang yang adaptable, karena perubahan di lingkungan saat ini terjadi sangat cepat.  “Memang, perubahan tidak selalu membawa kita kepada keadaan yang lebih baik. Namun kami yakin saudara sepakat bahwa untuk menjadi lebih baik, sikap, prilaku, dan pola pikir kita harus berubah dan adaptif terhadap kondisi yang ada,” pesannya.

Menurutnya, adaptasi ini harus dilakukan di segala sektor. Dengan begitu seseorang bisa memenangkan persaingan dan mengatasi perubahan adalah dengan meningkatkan adaptabilitas.  “Orang yang adaptable akan terbuka dengan perubahan dan menyukai eksplorasi. Orang yang adaptabel selalu berusaha mencari solusi atas sebuah masalah,” tuturnya. (div/mat)