13 April 2024

`

Wawali : Anggota LVRI Bisa Salurkan Hak Pilihnya Pada Pemilu 2024

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Secara organisasi, Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI), memang harus netral saat pemilihan umum (pemilu). Namun sebagai warga negara, secara personal, anggotanya mempunyai hak politik, sehingga bisa menyalurkan hak pilihnya pada pemilu mendatang.

 

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Bersama anggota LVRI Kota Malang saat menghadiri HUT LVRI ke- 66 di Gedung Dharma Sabha PEPABRI Jl. Panglima Sudirman, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (10/01/2023) siang.

 

HAL INI disampaikan Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, saat menghadiri HUT LVRI ke-66 di Gedung Dharma Sabha PEPABRI Jl. Panglima Sudirman,  Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (10/01/2023) siang.

“Secara personal, anggota LVRI mempunyai hak pilih. Namun, secara organisasi, LVRI adalah ormas yang netral. Karena itu dihimbau agar menggunakan hak politik secara personal. Tapi tetap menjaga persatuan dan kesatuan secara organisasi LVRI,” katanya.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Bersama anggota LVRI Kota Malang saat menghadiri HUT LVRI ke- 66 di Gedung Dharma Sabha PEPABRI Jl. Panglima Sudirman, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (10/01/2023) siang.

Karena, tambah wawali, jajaran LVRI berada di seluruh Indonesia. Sementara salah satu peran pentingnya  adalah pendidikan karakter, yang menjadi program nasional. Itu berawal dari ketokohan dan kewibawaanya, sehingga diharapkan memberikan edukasi dan mengajak komunitas yang lain, termasuk kepada generasi penerus.

“Semoga LVRI semakin memperteguh kembali potensi yang dimiliki dalam berperan aktif pembangunan bangsa. Menjaga persatuan, sebagai pioner dan contoh warga negara yang baik, saat bertugas maupun purna,” harap wawali di HUT LVRI.

Politisi Golkar ini menambahkan, LVRI adalah salah satu organisasi lansia yang produktif dan bermanfaat. Baik berperan dalam pendidikan, sosial, baik  lokal maupun nasional.

Sementara itu, LVRI Kota Malang mendapat bantuan dari Pemerintah Kota Malang. “LVRI memang bersurat kepada Pak Wali. Untuk kesejahteraan organisasi, yang bisa dilakukan pemerintah daerah melalui bantuan hibah. Itu sesuai kemampuan keuangan pemerintahan daerah,” kata wawali ditemui usai HUT LVRI tanpa menyebut nilai bantuan, Selasa (10/01/2023).

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pertimbangan LVRI Kota Malang, Letkol (purn) Machmud, menyambut baik diterimanya surat pengajuan dari LVRI sehingga muncul bantuan dari Pemkot Malang. “Ya baguslah. Itu sudah sesuai dengan Undang Undang yang berlaku di negara kita,” tuturnya.  (aji/mat)