25 Juli 2024

`

Waspadai Penipuan Mengatasnamakan PT KAI

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengingatkan masyarakat, terutama pelanggan kereta api (KA) agar mewaspadai penipuan berkedok Kereta Api Indonesia (KAI) yang sekarang marak terjadi. 

 

Waspadai penipuan mengatasnamakan PT KAI.

LUQMAN Arif mengingatkan masyarakat agar jangan ngeklik link penipuan dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan, apalagi hingga memberikan data ke website tersebut. Selain itu jangan menyebarluaskan link atau tautan mencurigakan tersebut. “Masyarakat jangan meng-klik link tersebut dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan, apalagi memberikan data ke website tersebut,” katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (06/01/2023).

Tautan mencurigakan itu jungan disebarluaskan. Karena diikhawatirkan dalam link tersebut terdapat _malware/virus/scam_ dalam arti tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus.

Luqman Arif menegaskan, informasi dan promosi dari KAI akan diinformasikan kepada masyarakat melalui situs dan media sosial resmi KAI. “Kami harap masyarakat waspada terhadap informasi dan promosi yang mengatasnamakan KAI. Informasi resmi terkait promo dapat dipantau melalui website kai.id atau media sosial KAI121,” tandasnya.

Sedangkan  ciri-ciri alamat situs yang mencurigakan dan diduga mengarah ke penipuan seperti  yaitu _http://mmmjemp.cn, http://bankruptcymelodious.cn, http://qxowtod.cn, http://crueltyspongy.cn, http://ambulancesodium.cn, http://negotiatefoam.cn, http://deceptivebuffalo.cn,_ dan lainnya. (div/mat)