26 Juni 2024

`

Warung Nasi Kikil Bu Tandur Jombang : Langganannya Menteri Desa dan Gubernur

2 min read

JOMBANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Warung Nasi Kikil  Bu Tandur yang berada di tepi Jalan Raya KH. Hasyim Asyari,  Mojosongo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memang sudah sangat terkenal. Karena enaknya masakan warung ini, tak heran jika Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Halim Iskandar, selalu mampir ke warung ini.

Warung Nasi Kikil Bu Tandur, di Jl. Raya KH. Hasyim Asyari, Mojosongo, Diwek, Jombang, tampak nyaman dan sejuk.
Pengurus PBSI Kabupaten Malang menikmati masakan Nasi Kikil Bu Tandur, Mojosongo, Diwek, Jombang.

TIDAK hanya Gus Menteri. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pun suka mampir ke rumah makan yang sudah buka sejak sekitar 75 tahun yang lalu ini.  Demikian pula Bupati Jombang di era Nyai Mujidah, sudah tak terhitung berapa kali dia makan di warung ini.

“Kalau Pak Menteri, Halim (Halim Iskandar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, red) setiap ke Jombang selalu mampir ke sini. Bisanya dia tidak langsung pulang ke rumah  tapi mampir ke sini dulu  bersama rombongan,” kata pengelola Wsrung Nasi Kikil Bu Tandur, Ny. Erna, kepada wartawan tabloidjawatimur.com, Senin (05/02/2024) siang di waringnya.

Bu Erna, pengelola Warung Nasi Kikil Bu Tandur di Jl. Raya KH. Hasyim Asyari, Mojosongo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Memang, masakan di warung ini sangat.sedap. Benar-benar mak nyus.  Masakan lodeh kates yang dicampur kikil, sungguh luar biasa sedapnya. Apalagi kalau sudah dicampur sambel terasi dan kerpuk, tambah lezat.

Apalagi harganya pun sangat bersahabat, hanya Rp 30 ribu per porsi, sudah termasuk lauk. “Lauknya tinggal pilih. Mau daging empal, ati, jantung, dan sebagainya. Harganya sama, Rp 30 ribu per porsi,” kata Erna.

Karena masakannya enak dan harganya terjangkau, sehingga tak heran jika banyak orang yang makan di warung ini. Salah satunya Ketua Umum PBSI Kabipaten Malang, H. Imam Sumantri, ST, MT, MH, bersama pengurus lainnnya, Senin (05/02/2024)  siang.  ” Masakannya enak dan sedep,” kata Imam Sumantri.

Bu Erna melayani pembeli.

Menurut Erna  dalam sehari dia bisa.menghabiskan 25 kg beras, satu glangsi kates  dan berkilo- kilo daging. “Alhamdulillah banyak yang makan di sini,” katanya.

Dia juga menjelaskan, Warung Nasi Kikil Bu Tandur yang lokasinya sekitar 1 km arah Kota Jombangbdari Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Jombang ini sudah berdiri sekitar 75 tahun lalu, didirikan neneknya, Bu Tandur.  Setelah neneknya meninggal,  diteruskan ibunya. Sekarang diteruskan Erna, cucu Bu Tandur hingga sekarang. (ind/mat)