20 Mei 2024

`

Warga Malang Melawan Hoaks Dengan Beragam Permainan

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Warga Malang, Jawa Timur, antusias mengikuti kampanye prebunking yang diselenggarakan Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) wilayah Malang di Alun-Alun Merdeka, Kota Malang, Minggu (22/10/2023) siang.

 

Peserta memainkan ular tangga saat Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) menggelar berbagai game atau permainan anti hoaks di Alun Alun Merdeka Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023) siang.

 

Salah satu peserta memainkan ular tangga saat Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) menggelar berbagai game atau permainan anti hoaks di Alun Alun Merdeka Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023) siang.

DALAM kegiatan ini, Mafindo menghadirkan keseruan dengan berbagai game anti hoaks.  Seperti permainan ular tangga, board games fandom, dan photo both. Peserta mendapatkan berbagai cinderamata menarik. “Mafindo mengajak masyarakat agar lebih waspada terhadap hoaks menjelang Pemilu 2024,” kata Koordinator Mafindo wilayah Malang, AA Ayu Mirah Krisnawati di sela-sela kegiatan.

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) menggelar berbagai game atau permainan anti hoaks di Alun Alun Merdeka Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023) siang.

Ayu Mirah Krisnawati menjelaskan, kampanye prebunking bertujuan mencegah hoaks atau memberikan vaksin anti hoaks. Karena pemilu sering menjadi ajang penyebaran informasi hoaks yang dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab.

“Mereka menyebarkan melalui berbagai platform media sosial. Tujuannya, untuk saling menjatuhkan dengan menyebarkan kampanye negatif dan kampanye hitam. Hoaks dapat menjadi salah satu ‘senjata’ untuk memenangkan pertarungan politik,” jelasnya.

Para peserta memainkan berbagai permainan saat Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) menggelar berbagai game atau permainan anti hoaks di Alun Alun Merdeka Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023) siang.

Prebunking, kata Mira, terbukti efektif mengatasi informasi yang salah dengan membangun kepercayaan di antara audiens. Yakni, melalui pendekatan berbasis logika.  “Metode ini fokus pada taktik umum yang digunakan dalam penyebaran informasi yang salah. Sehingga paling baik yang diterapkan melalui studi kasus. Mafindo memperkuat gerakan prebunking di berbagai wilayah termasuk wilayah Malang,” ujarnya.

Salah seorang peserta, Ryan (17), mengaku permainan yang disajikan menarik dan menumbuhkan kepedulian terhadap hoaks dan hasutan. Ryan yang tercatat sebagai siswa SMK ini merupakan pemilih pemula yang telah tanggap terhadap hoaks.  “Orang tua mengajarkan saya sejak awal untuk menangkal hoaks,” katanya. (div/mat)