16 Juni 2024

`

Wapres Doakan Unisma Jadi Universitas Kelas Dunia

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, memberikan ucapan selamat kepada  Universitas Islam Malang (Unisma) yang merayakan Dies Natalis ke-41 tahun, Minggu (27/03/2022) secara virtual. Wapres juga mendoakan Unisma menjadi  universitas kelas dunia (world class university) serta  menjadi perguruan tinggi yang bisa diandalkan Nahdlatul Ulama (NU) dan Indonesia.

 

Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, memberikan ucapan selamat kepada Universitas Islam Malang (Unisma) yang merayakan Dies Natalis ke-41 tahun, Minggu (27/03/2022) secara virtual.

 

Rektor Unisma, Prof Maskuri.

“UNISMA memiliki puluhan tahun pengalaman sebagai lokomotif pendidikan Nahdlatul Ulama (NU). Bahkan telah melahirkan banyak cendekiawan muslim Indonesia. Karena itu saya optimis  Unisma  dapat terus maju, menaiki anak tangga kualitas institusi pendidikan tinggi hingga menggapai status kelas dunia,” kata wapres.

Pada kesempatan itu, wapres mengingatkan pentingnya peningkatan kualitas akademik tanpa mengabaikan penguatan iman dan takwa sesuai aqidah ahlusunah wal jamaah an-nahdliyyah (berpedoman pada sunah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam pedoman NU) serta nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi persaingan global.

“Tantangan di dunia modern justru membutuhkan penguatan karakter religius dan kebangsaan. Dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dipadukan dengan keimanan dan ketakwaan serta nilai-nilai Pancasila, kita bisa mewujudkan generasi muslim Indonesia yang berdaya saing global,” tutupnya

Suasana pelaksanaan Dies Natalis Unisma ke-41, Minggu (27/03/2022) di kampus setempat.

Sementara itu, Rektor Unisma,  Prof. Maskuri, mengatakan, pihaknya punya tanggungjawab membawa kapal besar bernama Unisma.  “Bukan tanggungjawab pemimpin saja, tapi tanggungjawab bersama untuk menjalankan, memelihara, dan menjaga kemajuan Unisma di kancah global,” harapnya

Maksuri menambahkan, bukan yang terkuat atau tercerdas yang bertahan, melainkan mereka yang paling adaptif menghadapi perubahan. Kemudian untuk menuju sukses harus memiliki etos kerja adaptif, kreatif, dan inovatif. “Oleh sebab itu, kebersamaan sebagai simbol kekuatan silaturahmi, harus dipertahankan demi melambungkan Unisma di dunia internasional,” katanya.

Menurut Maskuri, lulusan Unisma harus menjadi intelektual yang kaya, bermoral baik,  dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Sementara itu, sejumlah ucapan  selamat ulang tahun dari dari berbagai kalangan. Di antaranya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim,   Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Rektor UGM Prof. Panut Mulyono.

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Bundar Al Asy’ari Unisma ini juga dihadiri para petinggi wakil pemerintahan di Malang Raya serta tamu undangan penting lainya.  (div/mat)