18 Mei 2024

`

Wakil Tumpang dan Kepanjen Terpilih Jadi Duta Pemuda Kabupaten Malang 2022

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Muhammad Nizar Vansabana dari Kecamatan Tumpang terpilih sebagai pemenang terbaik 1 putra dan Gadhis Pramestya Arifin dari  Kecamatan Kepanjen, terpilih sebagai pemenang terbaik 1 putri Duta Pemuda Kabupaten Malang 2022, di Hotel Grand Miami, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu,(29/10/2022) siang. 

 

Wakil Bupati Malang, Drs. Didik Gatot Subroto, SH, MH, bersama pemenang Duta Pemuda Kabupaten Malang 2022, di Hotel Grand Miami, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (29/10/2022) siang.

 

WAKIL BUPATI Malang, Drs. Didik Gatot Subroto, SH, MH, yang menghadiri Penganugerahan Duta Pemuda Kabupaten Malang 2022 ini memberikan ucapan selamat kepada para pemuda terpilih yang dikukuhkan sebagai Duta Pemuda Kabupaten Malang 2022.

Wakil Bupati Malang, Drs. Didik Gatot Subroto, SH, MH, menyerahkan hadiah kepada pemenang Duta Pemuda Kabupaten Malang 2022, di Hotel Grand Miami, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (29/10/2022) siang.

“Tingkatkan inovasi, tingkatkan kreasi, dan teruslah berbuat untuk negeri. Karena Kabupaten Malang yang cukup luas, dengan 33 kecamatan dan 390 desa/kelurahan, adalah ruang yang luar biasa untuk kalian semuanya,” kata Wakil Bupati Malang.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Malang ini menambahkan, dengan adanya penganugerahan Duta Pemuda ini, dapat menjadi sarana  untuk menuangkan ide-ide kreatif bagi Indonesia, bahkan dunia.

Tidak hanya itu, Wakil Bupati Malang juga berpesan agar para Duta Pemuda berperan aktif untuk kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional. “Tumbuh kembangkan aspek etik dan moralitas dalam bertindak pada setiap dimensi kehidupan kepemudaan. Perkuat iman dan takwa serta ketahanan mental spiritual,” pesannya.

Seperti diketahui,  Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Malang, melakukan seleksi 50 pemuda/pemudi dari 33 kecamatan untuk  dalam pemilihan  Duta Pemuda tingkat Kabupaten Malang, Selasa (30/08/2022) siang.

Para finalis Duta Pemuda Kabupaten Malang 2022, tampil di grand final di Hotel Grand Miami, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (29/10/2022) siang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Malang, Drs. Nazaruddin Hasan T, MSi, menjelaskan,  ada beberapa tujuan digelarnya Duta Pemuda ini. Pertama, mentransformasikan nilai-nilai budaya bangsa yang berkontribusi terhadap berkembangnya wawasan dan kreativitas pemuda dari daerah asal ke daerah tujuan.

Kedua, membangun jaringan kerjasama untuk merintis dan mengembangkan  kegiatan pemuda melalui  potensi sumber daya alam dan budaya daerah. Ketiga, sebagai wadah untuk mencari pemuda/pemudi yang mempunyai bakat, minat, dan berpotensi di masing-masing bidangnya, serta mengembangkan keterampilan  sebagai bekal kemandirian pemuda.

Keempat, meningkatkan kreativitas guna menentukan terpilihnya  pemuda prestasi untuk menjadi Duta Pemuda tingkat Kabupaten Malang. Kelima, mempromosikan budaya dan menyumbangkan keterampilan budaya khusus Kabupaten Malang ke daerah lain.

“Mereka harus melalui beberapa tahap seleksi. Di antaranya, tes tulis dan wawancara. Mereka yang lolos seleksi tahap pertama, akan mengikuti seleksi tahap kedua, yakni presentasi program kerja dan tes bakat,” jelas Nazaruddin.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang ini menambahkan, panitia akan menentukan  8 orang yang masuk final. Lalu, 8 orang ini akan menjalani karantina selama dua hari. “Sedangkan pengukuhan dan grand final dilaksanakan pada 29 Oktober 2022,” katanya. (bri/mat)