22 Februari 2024

`

Usung Semangat Kemerdekaan, Pemkab Malang Genjot Pembangunan Desa

2 min read
Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna menyerahkan bendera merah putih kepada petugas.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Berangkat dari tema peringatan HUT RI ke-73 tahun, ‘Kerja Kita, Prestasi Bangsa’, Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, akan semakin menggenjot pembangunan di desa. Ini sesuai dengan arahan Presiden Indonesia, Joko Widodo.

 

HAL INI disampaikan Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna usai menjadi Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun, Jumat (17/08/2018) di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

Prosesi pengibaran bendera merah putih saat upacara HUT Kemerdekaan RI ke -73 tahun di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Malang menjadikan tema peringatan HUT RI tahun 2018 ‘Kerja Kita, Prestasi Bangsa’ sebagai pemacu dan pemicu semangat dalam pembangunan Kabupaten Malang. Tema tersebut menjadi sangat berarti bagi pemacu dan pemicu semangat bagi pemerintah daerah.

”Artinya, Bapak Presiden Indonesia, Joko Widodo kerap kali menyampaikan pembangunan bangsa Indonesia saat ini dimulai dari desa. Maka dari daerah ini, kita yang punya desa-desa, harus mempunyai satu komitmen,  bekerja keras dengan etos tinggi,” tegasnya.

Ketua PKK Kabupaten Malang, Ny. Hj. Jajuk Rendra Kresna (baju merah) mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke -73 tahun di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Ketua Partai Nasdem Jawa Timur ini menjelaskan, kalau punya niat yang baik, dia yakin, kerja keras itu akan menghasilkan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh bangsa Indonesia, yakni keberhasilan pembangunan sebagai prestasi bangsa. Prestasi-prestasi tersebut akan bisa dijadikan tolak ukur dalam bekerja.

”Prestasi dapat diraih jika dengan bekerja keras. Tidak ada hari tanpa prestasi, dan prestasi bisa dicapai dengan kerja keras,” terangnya didepan awak media didampingi Humas Protokol Kabupaten Malang.

Di sisi lain, Dr. H. Rendra Kresna mengatakan, strategi pembangunan Pemkab Malang saat ini mengarah pada tiga hal, yakni menurunkan angka kemiskinan, optimalisasi destinasi pariwisata, dan lingkungan hidup yang terjaga. “Ketiganya saling berkaitan. Di sektor kemiskinan,  dengan banyak cara yang dilakukan melalui memperkuat pembangunan berbasis desa,” ujarnya.

”Dengan infrastruktur yang bagus, maka akses ekonomi itu akan terkoneksi dengan baik, cepat dan sebagainya. Tentunya akses ekonomi tidak hanya berangkat melalui industrilisasi, tapi juga dengan destinasi wisata. Di Kabupaten Malang ada 178 desa wisata,” ujarnya.

Bupati mengaku, sudah banyak contohnya desa wisata tersebut kini membentuk Bumdes dan menciptakan pendapatan dan melahirkan ekonomi kreatif masyarakat, baik dengan berjualan oleh-oleh, makanan dan minuman serta handicraf. ”Kemiskinan akan ikut terkurangi dan kesejahteraan meningkat. Tetapi kita tidak boleh bercita-cita ekonomi naik dan sejahtera, dengan demikian juga tidak mengurangi dan meninggalkan pelestarian lingkungan hidup,” pungkasnya.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Republik Indonesia yang digelar Pemerintah Kabupaten Malang berlangsung lancar dan khidmat di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Jumat (17/08/2018) pagi. Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna bertindak sebagai inspektur upacara.

Acara peringatan detik-detik Proklamasi ditandai dengan pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Ketua DPR Kabupaten Malang, Hari Sasongko. Kemudian, dilanjutkan pengibaran duplikat bendera merah putih oleh 75 anggota Paskibraka Kabupaten Malang.  (mat)