22 April 2024

`

Usung ENERPONIC, Mahasiswa Polinema Juara di Lampung

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tim mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) Jawa Timur,  berhasil meraih juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Explosion of Chemical Engineering Study Activities 2022 di Universitas Lampung melalui karyanya “Energy in Hydroponic (ENERPONIC)”.

 

Para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Explosion of Chemical Engineering Study Activities 2022 di Universitas Lampung.

 

TIM yang dibimbing Chandra Gunawan, S.ST, MT, ini terdiri dari Mokhammad Khatami (Prodi D-IV Teknik Otomotif Elektronik), Mohammad Faishol Fawwaz (Prodi D-IV Manajemen Rekayasa Konstruksi), dan Yuda Junaedi Kurniawan (Prodi D-IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan).

Inilah mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) Jawa Timur, yang berhasil meraih juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Explosion of Chemical Engineering Study Activities 2022 di Universitas Lampung melalui karyanya “Energy in Hydroponic (ENERPONIC)”.

Kompetisi yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Lampung pada 27-29 Mei 2022 ini diikuti tim mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi.  Di antaranya,  UI, UNNES, IPB, Unair, UPN Veteran Jatim, UGM, UNSRI, UB, UNILA dan UNY.

“Kami mempresentasi karya tulis yang berjudul “ENERPONIC (Energy In Hydroponic): Inovasi Teknologi Hidroponik NFT dengan memanfaatkan sirkulasi air sebagai energi terbarukan dalam menyongsong smart farming solution,” jelas Khatami, belum lama ini.

Khatami menjelaskan, ENERPONIC merupakan salah satu inovasi dengan latar belakang permasalahan petani hidroponik NFT yang sering mengalami gagal panen karena penggunaan pompa air yang bekerja secara kontinyu atau selama 24 jam. Biaya penggunaan listrik bertambah karena pengoperasian secara terus menerus.

“Sehingga dibutuhkan sebuah terobosan baru untuk menekan biaya listrik melalui energi terbarukan. Untuk itu, kami memiliki inovasi teknologi hidroponik NFT dengan memanfaatkan sirkulasi air menjadi energi listrik. Nantinya hidroponik ini dirancang dengan turbin Archimedes Srew dan Turbin Vortex. Inovasi ini juga mendesain dual pompa agar penggunaan pompa air tidak terjadi burnout atau malfungsi,” tutupnya. (div/mat)