13 April 2024

`

Unisma – Plan “B” Organics Kerjasama Expor Pupuk Organik

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Universitas Islam Malang (Unisma) Jawa Timur, menjalin kerjasama dengan Plan “B” Organics, Oregon Amerika Serikat —-produk pupuk organik—  Jumat (10/06/2022) di Gedung Umar Bin Khattab (Kantor Pusat).

 

Universitas Islam Malang (Unisma) Jawa Timur, menjalin kerjasama dengan Plan “B” Organics, Oregon Amerika Serikat —-produk pupuk organik— Jumat (10/06/2022) di Gedung Umar Bin Khattab (Kantor Pusat).

 

ABRAHAM Nathan Harris, Senior Advisor (penasehat senior dari Plan “B” Organics) menjelaskan, plan B organik adalah sebuah produk pupuk organik asal Oregon, Amerika Serikat. “Perusahaan ini sedang mengembangkan sayapnya di Indonesia, tepatnya di Bali dan Tangerang. Perusahaan ini  berkecimpung di bidang expor impor. Perusahaan ini sudah mempunyai sertifikasi di Amerika dan  Eropa,” jelasnya.

Abraham Nathan Harris, menambahkan,  produknya  mempunyai kelebihan sebagai alat penyubur tanaman. Kandungannya berbahan dari kotoran kelelawar, kotoran jenis burung laut,  dan anjing laut.

“Pupuk ini mengandung fosfor dan nitrogen yang tinggi. Ini efektif untuk penyuburan tanah yang kekurangan zat organik. Selain itu, pupuk organik ini juga mengandung kalium, kalsium, magnesium, dan sulfur dengan jumlah yang bervariasi,” terangnya

Abraham  menjelaskan,  perusahaannya sedang mengembangkan CSR komunitas untuk  memperoleh bahan dasar pupuk organik yang rencananya akan dikumpulkan di Indonesia dan diekspor ke Amerika. “Dengan begitu kita membutuhkan kerjasama di bidang managemen, administrasi, pertanian, dan peternakan. Makanya kita menggandeng  Unisma,” ujarnya.

Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, M.Si, mengatakan, pihaknya terbuka bekerjasama engan berbagai instansi, baik pendidikan maupun instansi lainnya. “Selama bisa menjadi mitra dan mampu  bersinergi untuk kemajuan bersama, tentu kami siap bekerjasama. Selama bisa simbiosis mutualisme, kenapa tidak. Selama kita bisa memberikan manfaat bersama untuk kemajuan perguruan tinggi, maka harus digerakkan,” jelasnya.

Perihal kerjasama kali ini, Maskuri  menjelaskan, ini adalah kerjasama pengembangan pupuk organik, khususnya di bidang penataan managemen, administrasi, pertanian,  dan peternakan. “Memang,  tujuan awal perihal expor pupuk untuk Amerika dari Indonesia. Tapi ke depan akan di optimalkan untuk pengembangan produk dalam negeri. Tujuannya,  peningkatan pendapatan para petani di Indonesia,” jelasnya seraya menambahkan kerjasama ini akan berlangsung selama 5 tahun.  (div/mat)