23 April 2024

`

Unisma – 35 Pelaku Dunia Usaha Jalin Kerjasama

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur, meneken MoU dengan 35 pelaku dunia usaha dan industri se-Indonesia, Rabu (29/09/2021) secara luring. Kerjasama ini salah satu implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang ditelorkan Kemendikbud RI.

 

Rektor Unisma, Prof. Dr. Maskuri bersama para pelaku dunia usaha dan dunia industri yang menjalin kerjasama dengan Unisma.

 

SAYA berharap hasil MoU ini jangan sampai bersifat ceremonial yang stagnan simbol hitam di atas putih. Tapi ke depan semua pihak diminta untuk menindaklanjuti program kerjasama ini. Kalau tidak ada tindak lanjut, boleh bersurat langsung ke rektor. Saya akan ambil langkah kongkret. Kita harus ada aksi nyata. Tidak hanya wacana,” kata Rektor Unisma, Prof. Dr. Maskuri.

Rektor Unisma, Prof. Dr. Maskuri menyerahkan plakat kepada salah satu pelaku usaha yang mengikuti kerjasama dengan Unisma.

Rektor memastikan semua fakultas yang ada di Unisma siap menjalin kerjasama dengan para pelaku dunia usaha dan dunia industri se-Indonesia, sehingga para mahasiswa  bisa mendapatkan pengalaman dalam dunia kerja nyata.

Tujuan lain, adanya hilirisasi hasil penelitian. “Supaya hasil penelitian tidak diseminarkan saja, tapi dipakai di dunia usaha maupun industri. Sudah saatnya kita buka dan kita tawarkan kepada bapak ibu sekalian, mana yang memungkinkan dapat mengembangkan kesejahteraan,  sesuai dengan bidang usaha masing-masing,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Malang,  Priyo Sudibyo yang hadir dalam acara tersebut berharap,  mahasiswa dapat mengikuti perkembangan dunia kerja. “Ini adalah momen yang kita nantikan. Ini merupakan terobosan yang menyinkronkan antara dunia pendidikan dan dunia industri dan dunia usaha,” ujarnya.

Tidak hanya mahasiswa. Menurut Bogang —-panggilan akrab Priyo Sudibyo— pihaknya memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para  pelajar, santri,  dan semua kalangan yang ingin belajar bersama di Kadin Kabupaten Malang. “Terima kasih kepada Unisma atas kerja sama ini. Sebagai perwakilan Kadin Kabupaten Malang, kami  menyambut baik program ini. Semoga kerjasama ini saling menguntungkan dan terus berkesinambungan,” harapnya. (div/mat)