20 Juli 2024

`

UM Tuangkan 100 Liter Eco Enzyme ke Dalam Kolam Trapesium

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebanyak 100 liter eco enzyme dituangkan ke dalam kolam trapesium milik Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur, dan menggelar lomba pembuatan eco enzym dengan peserta perwakilan mahasiswa antar fakultas, Kementrian Lingkungan BEM UM, UKM Bhumi, dan Volunter Lingkungan, Senin (05/06/2023) siang.

 

Selain menuang eco enzyme, dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, UM juga menggelar lomba membuat eco enzym yang diikuti mahasiswa lintas fakultas, Senin (05/06/2023) siang.

 

KETUA pembuatan kolam trapesium sekaligus Ketua Green Campus UM, Prof. Dr. Sumarmi, MPd, menjelaskan, kegiatan ini salah satu bentuk komitmen UM untuk terus menggelorakan semangat cinta lingkungan sekaligus  implementasi Visi UM sebagai kampus sehat dan mencerdaskan. “Kami terus berkomitmen menjadi kampus hijau dan berwawasan lingkungan,” katanya.

Para pejabat Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur, menuangkan cairan eco enzyme ke kolam trapesium di kampus setempat, Senin (05/06/2023). Kegiatan itu dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Prof. Sumarmi menjelaskan, larutan eco enzyme mempunyai manfaat luar biasa. Di antaranya, sebagai pembersih serbaguna, alternatif cairan pembersih berbahan kimia, cairan antiseptik alami yang dapat berfungsi sebagai pencuci buah dan sayur, penjernih udara, kesehatan kulit, menyuburkan tanah, merangsang pertumbuhan tanaman, pengusir hama, dan penjernih air.

Bahkan eco enzyme diklaim mampu menjernihkan air kolam atau sungai dan mengurangi pencemaran akibat zat kimia. “Lomba pembuatan eco enzyme ini untuk mempersiapkan dan menguatkan generasi cinta lingkungan dan memunculkan embrio-embrio baru volunter lingkungan,” terangnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini akan terus dilakukan. Harapannya, kesadaran cinta lingkungan warga UM semakin tumbuh dan menjadi gaya hidup sehari-hari. (div/mat)