25 Juli 2024

`

UM – Arab Saudi Buka Peluang Kerjasama

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Setelah membuka wacana untuk menjalin kerjasama dengan Universitas Brawijaya (UB), Kementerian Pendidikan, Kerajaan Saudi Arabian, kini mencoba membuka jaringan kerjasama dengan Universitas Negeri Malang (UM) Jawa Timur. Ini setelah kedua pihak bertemu di kampus UM, Senin (13/02/2023) siang.

 

Para pejabat Universitas Negeri Malang (UM) Jawa Timur bersafama rombongan Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi.

 

ROMBONGAN Kementerian Pendidikan Kerajaan Saudi Arabian yang terdiri dari perwakilan Universitas Islam Madinah dan Universitas Ummu al-qura,  disambut  sejumlah petinggi universitas. Di antaranya,  Rektor UM Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, para dekan dari berbagai fakultas, Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI) UM, dan sejumlah pejabat lainnya.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., berharap pertemuan ini tidak hanya mempererat UM dengan perguruan tinggi di Arab Saudi, namun juga hubungan antar negara.

Rektor UM Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, bertukar cinderamata dengan perwakilan rombongan Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi, Dr. Abdulrahman Ali M. Al-amri.

“Jejak-jejak Arab Saudi bagi Indonesia dalam membangun peradaban cukup signifikan. Banyak pahlawan Indonesia yang menerapkan ilmu yang didapatkan di Arab untuk membangun Indonesia sejahtera. Untuk itu kami sangat senang dan bangga atas kehadiran Bapak-bapak,” kata Rektor UM.

Rektor UM juga berharap ada  kerjasama yang dapat dilakukan, khususnya di bidang riset dan publikasi. “Dari pertemuan kali ini, kami berharap dapat melakukan pertukaran pelajar dan kolaborasi di bidang riset dengan berbagai perguruan tinggi di Arab Saudi,” harapnya.

Sedangkan delegasi dari Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi, Dr. Abdulrahman Ali M. Al-amri,  menyambut baik pertemuan ini dan sangat terbuka dengan kemungkinan kerjasama yang ditawarkan UM. Bahkan Dr. Abdulrahman berinisiasi, kerjasama yang hendak dilakukan tidak hanya  di bidang pendidikan, namun juga sains, kesehatan, teknologi, sustainability, dan sebagainya.

Sebagai Asisten Wakil Menteri Pendidikan Bidang Kerjasama Internasional, Dr. Abdulrahman memaparkan bahwa hubungan Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi terjalin sangat baik. “Pelajar Indonesia sudah menjadi prioritas bagi Arab Saudi dalam program-program beasiswa. UM adalah salah satu dari 15 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Tentu kami ingin melakukan kolaborasi dengan UM,” pungkasnya. (div/mat)